Buka 4 Fakultas Baru, Universitas Pertahanan Gratiskan Biaya Kuliah

INFOKAMPUS.NEWS – Kampus Bela Negara, Universitas Pertahanan (Unhan) akan membuka empat Fakultas baru , yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran , Fakultas MIPA dan Fakultas Informatika.

Dalam rangka meningkatkan pengembangan kampus,Unhan menimbang bahwa tambahan empat Fakultas baru tersebut dirasa memang perlu dan sesuai dengan kebutuhan pertahanan negara saat ini.

Kampus yang didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tanggal 7 Februari 2011 tentang Universitas Pertahanan Sebagai Perguruan Tinggi Yang Diselenggarakan Oleh Pemerintah ini berkedudukan di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Unhan dalam Bahasa Inggris dapat menggunakan nama “Indonesia Defence University“.

Unhan secara akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan secara fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyampaikan, selain fokus pada Strategi Pertahanan, Teknologi Pertahanan, Unhan harus dapat lebih fokus mengembangkan dasar-dasar dengan membuka program S1. Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan akan meresmikan pembukaan Empat Fakultas ini.

“Program S1 untuk 300 mahasiswa, 150 orang mahasiswa kedokteran, 50 orang mahasiswa Fakultas  Ilmu Komputer dan Informatika, 50 orang mahasiswa untuk Fakultas Teknik, 50 orang mahasiswa untuk Fakultas MIPA,” ujar Prabowo, dikutip dari laman Unhan.

Fasilitas yang didapatkan antara lain bebas biaya  pendaftaran serta biaya kuliah selama pendidikan di Unhan. Selain itu,  mahasiswa akan disediakan tempat tinggal berupa asrama, makan, pakaian dinas dan olahraga, uang saku dan  biaya lain yang berkaitan dengan pendidikan.

Adapun persyaratan untuk peserta antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan, sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.

Peserta harus memiliki ijazah SMA/sederajat jurusan IPA, lulusan Tahun 2019 atau 2020. Serta tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/sederajat. Selain itu nila rapor SMA/sederajat semester I-V rata-rata diatas 80 dan diprioritaskan siswa yang masuk 10 (sepuluh) besar terbaik SMA/Sederajat yang bersangkutan pada semester V.

Selanjutnya peserta berusia maksimal 20 tahun saat masuk pendidian (bulan Juli 2020) dan harus memiliki nilai IQ  minimal 120. Untuk peserta laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm, sedangkan untuk perempuan 155 cm dengan berat badan proporsional.

Peserta harus mampu mengoperasikan komputer (aplikasi office dan internet) dan juga bersedia ditempatkan di mana saja sebagai Kader Intelektual Bela Negara apabila sewaktu-waktu negara membutuhkan. Selain itu peserta harus bersedia menandatangani surat perjanjian kontrak mahasiswa dan surat pernyataan.

Peserta bersedia tinggal di asrama serta menyanggupi peraturan di Universitas Pertahanan. Selain itu peserta juga harus memiliki persetujuan  orang tua/wali.

Terakhir yang paling utama, peserta harus lulus seleksi adminstrasi, Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, TOEFL, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara yang dilaksanakan oleh Universitas Pertahanan. (Tam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *