Bule Bule Ini Belajar Membatik dan Tari Tradisional di UM iCamp 2017

Infokampus.news, Malang – Para peserta UM iCamp 2017 yang berasal dari berbagai negara di dunia, sangat menikmati belajar berbagai kebudayaan lokal Indonesia. Salah satu kebudayaan yang mereka pelajari disini adalah menyelesaikan batik yang telah memasuki proses ngelorot batik dan membuat batik jumput.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari seluruh proses pembuatan batik. Dalam proses ngelorot batik ini, peserta dibantu oleh Ike Ratnawati, S.Pd., M.Pd,.

“Peserta bergantian untuk mencuci dan merebus batik yang sudah dilukis. Setelah semua proses selesai, peserta memamerkan hasil batik buatannya kepada sesama peserta.” Tukasnya ditemui disela kegiatan berlangsung.

Belajar Membatik dan Tari Tradisional di UM iCamp 2017 Para Bule Ini Mengaku Senang dan Puas

Salah satu peserta yang berasal dari Kamboja, Muy Thoerun, mengaku sangat puas dengan batik buatannya.

“Saya bangga karena telah berhasil menggambar objek sesuai dengan warna yang diinginkan. Saya membuat batik dalam bahasa Khmer.” Paparnya.

Usai mengikuti proses membatik, para peserta ini diajak untuk melakukan workshop tari yang dilakukan di Campsite kampung wilayah tani, Kota Batu.

“Peserta dibagi menjadi 5 kelompok yakni; kelompok tarian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Papua.” Ujar Tri Wahyuningtyas, S,Pd., M.Si dosen mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Universitas Negeri Malang (UM) yang mendampingi workshop seni tari.

Para bule ini terlihat sangat antusias dan berusaha sangat keras untuk mengikuti setiap pelajaran tari, meskipun tentu saja tarian yang diajarkan asing dan tidak mudah diterima oleh mereka. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UGM Jadi Kampus dengan Publikasi Terproduktif Se-Indonesia

Infokampus.news, Malang - Universitas Gadjah Mada tercatat sebagai institusi dengan publikasi terproduktif di SINTA.

Close