Butuh Ide Penelitian? Ini Lho yang Sedang Dibutuhkan Sekarang

Infokampus.news, Malang – Penelitian dari kalangan akademisi Indonesia di berbagai bidang makin hari jumlahnya semakin banyak saja. Namun demikian, banyaknya penelitian ini yang kurang mampu diaplikasikan di masyarakat luas di Indonesia.
Terutama pada bidang teknologi, banyak sekali penelitian dengan teknologi tinggi yang dihasilkan sehingga kurang tepat jika digunakan di masyarakat luas. Apalagi tingkat pendidikan di Indonesia masih belum tinggi dan merata. Contohnya saja di Papua, masih ada permintaan pemberantasan buta huruf oleh pemerintah daerah setempat pada pemerintah pusat.
“Lakukan penelitian hi-tech boleh, tapi mereka yang melakukan penelitian hingga penemuan teknologi tepat guna akan lebih saya berikan prioritas.” Ungkap Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, Direktur Riset dan Pengabdian kepada masyarakat Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam acara Seminar Nasional Sistem Informasi Universitas Merdeka Malang pagi ini (9/8).
Salah satu contoh tepat guna yang diharapkan adalah seperti program Citarum harum yang diminta oleh Presiden Joko Widodo pada Kemenristekdikti. Permintaan ini diminta bisa selesai oleh presiden dalam kurun waktu 7 tahun saja.
“Prioritas kami memang akademisi yang dekat dengan Citarum ya tidak mungkin saya kirim dosen dari UNMER. Sekarang Citarum ini kan harum ya harumnya tidak karuan, tapi 7 tahun itu kami harus membuat teknologi bagaimana agar sungai ini bisa harum,” Katanya.
Untuk itu tahun 2019 mendatang pihaknya berjanji akan ada tambahan anggaran Penelitian dan Pengabdian agar para dosen lebih bisa leluasa dalam melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Dirinya berharap semoga tahun depan yang juga merupakan tahun politik, anggaran ini tidak akan dipotong.
“Tahun kemarin saya mengatur 1.4 trilyun, tahun depan rencananya 1.7 trilyun.” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Internship Program Indonesia
Lowongan Kerja Internship Program Indonesia Eximbank LPEI 2018

Infokampus.news – LPEI merupakan singkatan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau yang biasa disebut sebagai Indonesia Eximbank.  Kali ini mereka

Close