Canggih, Tempat Sampah Karya Mahasiswa Ini Mampu Memilah Logam Secara Otomatis!

Infokampus.news – Melihat tempat sampah yang dipilah antara sampah organik dan non-organik rasanya adalah hal yang sudah biasa kita jumpai. Namun berebeda dengan tempat sampah karya Ammaroh, mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) ini. Tempat sampah karya mahasiswi angkatan 2013 itu memiliki sensor PIR (Passive Infra Red) yang memiliki kemampuan memilah secara otomatis sampah logam dan non logam. Tempat sampah ini diklaim lebih higenis karena memiliki bagian tutup yang memiliki kemampuan membuka dan menutup dengan gerakan tangan.

Dinukil dari laman Untag, Jumat (22/9/2017), Ammaroh menyebutkan, tempat sampah pintar yang ia ciptakan berbasis Micro Controller Arduino, dimana cara kerjanya adalah jika seseorang mendekatkan telapak tanggannya di atas tempat sampah maka tutup tempat sampah tersebut dapat terbuka secara otomatis.

“Setelah sampah dibuang ke dalam maka sampah tersebut akan masuk pada bak pertama yang mendeteksi apakah tersebut adalah berbahan logam atau non logam, jika sampah tersebut terdeteksi sebagai sampah non logam maka secara otomatis sampah akan masuk ke bak non logam,” paparnya.

Bukan hanya itu, lanjut Ammaroh, apabila bak sampah sudah penuh, maka server akan mengirimkan pesan singkat ke smartphone. Untuk menciptakan tempat sampah pintar ini, diakui Ammaroh, prosesnya tidak mudah dan memakan waktu selama 6 bulan.

Ia menjelaskan, yang membedakan hasil karya dengan tempat sampah lain yaitu terdapat sensor yang otomatis memilah sampah logam dan non logam, sedangkan di luar sana tempat sampahnya terdapat tombol pada baknya untuk memilih membuang pada bak sampah organik atau non organik.

Menurutnya, tempat sampah pintar ini cocok digunakan di tempat-tempat umum dalam ruangan seperti di mal karena lebih higienis tanpa menyentuh tutup sampah secara langsung.

“Alat ini bertujuan agar memudahkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya tanpa harus menyentuh tutup sampah sehingga higienitasnya tetap terjaga,” pungkasnya. (fam)

 

Sumber: Untag

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Surabaya Ubah Panas Kompor Jadi Energi Listrik!

Kompor yang awal mulanya hanya berfungsi untuk memasak dapa berubah sebegai alat pembangkit energi listrik ditangan seorang mahasiswa.

Close