Cara Ini Buat Pelajaran Fisika Jadi Mudah

Infokampus.news – Tak banyak siswa yang menjadikan pelajaran fisika sebagai pelajaran favorit. Pelajaran fisika ini dianggap sulit, baik dalam hal rumus maupun aplikasinya di kehidupan sehari-hari.

Menurut Koordinator program studi S-1 Fisika Universitas Airlangga (Unair), Prof M Yasin, metode pembelajaran menjadi penentu seorang pelajar dalam memahami fisika. Pengajaran secara konvensional pun dinilai tidak efektif sehingga perlu ada inovasi cara mengajar.

“Kalau saya biasanya sebelum masuk ke materi, dikenalkan dulu aplikasinya di industri. Misalnya, saya mengajar optika laser. Saya gambarkan, oh laser itu lho banyak aplikasi di industri, di kereta api untuk motong baja. Untuk kecantikan. Baru setelah itu mereka tertarik masuk ke rumus-rumus,” paparnya dinukil dari laman Unair, Rabu (18/1/2017).

Tujuan Yasin melakukan langkah tersebut agar pelajar menjadi suka dengan ilmu yang mempelajari fenomena alam itu. Sedangkan cara lainnya yang dia terapkan adalah memutar video yang relevan dengan materi yang akan diajarkan.

Salah satu pengajar fisika material, Dyah Hikmawati menambahkan, dengan belajar fisika, masyarakat bisa mengeksplorasi potensi di dalamnya. Sayangnya, selama ini fisika belum dipandang sebagai sesuatu yang indah dan menarik.

“Rumus-rumus dalam fisika hanya sebagai salah satu cara untuk memecahkan persoalan yang tengah dihadapi. Mereka hanya mengolah rumus-rumus dengan cara yang matematis. Padahal kalau kita bangkitkan itu dari indahnya fisika, akan menimbulkan motivasi yang luar biasa,” tukas Dyah. (FAM)

 

Sumber: Unair

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ITS Tolak Jadi Pilihan Kedua di SNMPTN 2017

Setelah diluncurkan pekan lalu, kini proses SNMPTN 2017 memasuki tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Close