Cara Kampus Kenalkan Ilmu Geografi kepada Siswa

Infokampus.news – Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan berbagai ilmu kepada para siswa, salah satunya tentang ilmu geografi. Melalui Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS) ke-XII 2017 ini, Fakultas Geografi UGM menyelenggarakan kompetisi nasional yang diikuti oleh para siswa di jenjang SMA dan SMP.

Kegiatan olimpiade ini sendiri dilakukan guna memperkenalkan ilmu georgrafi bagi para siswa. “Diselenggarakan sebagai ajang untuk memperkenalkan ilmu geografi kepada para pelajar di tingkat SMP dan SMA se-Indonesia,” ungkap Ketua Panitia OLGENAS 2017, Alfian Arozan Hidayattulloh, seperti dinukil dari laman UGM, Kamis (12/1/2017).

Tema dalam OLGENAS 2017 ini sendiri adalah “Geopariwisata sebagai Perwujudan Pembangunan Berkelanjutan dalam Upaya Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Ini merupakan olimpiade terbesar yang digagas oleh Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prof Dr Suratman.

“Geografi itu sarat dengan nilai nasionalisme karena salah satu syarat utama berdirinya negara adalah wilayah. Saya menggagas OLGENAS untuk memberi inspirasi kepada calon-calon pemimpin, karena untuk menjadi pemimpin harus paham tentang geografi,” jelasnya.

Adapun berbagai kegiatan ini meliputi tes tertulis baik yang dikerjakan secara kelompok, outdoor learning sampai kegiatan lapangan. Kompetisi ini sendiri adalah untuk meningkatkan tolok ukur kesuksesan pembelajaran para siswa. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Rancang Palang Pintu Kereta Api Otomatis Berdaya Aki

automatic railway gate system (AuraGS) yaitu palang pintu kereta api otomatis yang menggunakan aki sebagai sumber daya.

Close