Cara Menulis Essay LPDP

Infokampus.news – Penulisan essay adalah salah satu persyaratan dalam seleksi pengajuan beasiswa LPDP, sebagai langkah awal kita harus memiliki kerangka untuk nantinya diceritakan dalam isi essay yang akan kita buat. Ada tiga hal wajib yang nantinya akan kita ceritakan, berikut tiga poin yang harus kita ceritakankan dalam essay :

  1. Apa yang sudah kita lakukan dimasa lalu
  2. Apa yang kita lakukan dimasa sekarang
  3. Apa yang akan kita lakukan dimasa mendatang

Tiga poin penting ini yang nantinya akan kita jabarkan dalam essay. Dan pertama, kita harus menceritakan semua poin diatas dengan sangat detail dan jujur. Tidak ada yang ditambah – tambahkan dalam penulisan essay. Dimulai dari menceritakan diri sendiri dan lingkungan sekitar kita dapat menceritakan hal – hal menarik yang sudah pernah kita lakukan. Menceritakan keadaan yang sesungguhnya, seperti tantangan atau kondisi lingkungan yang sedang kita hadapi. Kita juga bisa menceritakan kegiatan berorganisasi yang diikuti baik diluar maupun didalam kampus dan pencapaian yang sudah pernah kita dapat.

Baca Juga :  Pererat Tali Silaturrohim, UNISMA Selenggarakan Ta’aruf Dan Reuni Akbar

Dari semua penjabaran harus kita kemas dengan menarik, bisa jadi itu menjadi nilai tambah dalam proses seleksi. Esaay sendiri dijadikan sebagai alat presentasi pengajuan beasiswa LPDP, kita bisa membuat essay yang menarik dengan tidak melebih – lebihkan apa yang sudah dan akan kita capai. Ceritakan hal – hal yang kamu anggap kedepannya akan memiliki pengaruh besar bagi diri sendiri dan orang lain. Dan bagaimana kita akan memberikan kontribusi setelah menyelesaikan program beasiswa LPDP.
Essay sendiri dibatasi dengan 700 kata saja, diharapkan kita tidak terlalu bertele – tele dalam penulisan. Dan untuk penyusunan kalimat sendiri, gunakan kata – kata wajar dan sopan tentunya menggunakan ketentuan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Baca Juga :  Pendaftaran LPDP 2017 Terakhir Minggu Ini!

Semoga tips ini bisa membantu teman – teman yang sedang bingung untuk menyusun penulisan pengajuan beasiswa LPDP. (has)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kebijakan Baru Universitas Indonesia Dalam Seleksi Calon Mahasiswa

Universitas Indonesia mengubah alokasi penerimaan mahasiswa menjadi 30 persen untuk SNMPTN dan 70 persen untuk SBMPTN.

Close