Menjelang Tahun Baru, Mari Merevolusi Cara Menyusun Resolusi 2018!

Infokampus.news – Hai Sobat Fokus yang tersayang. Tahun baru, resolusi baru. Sebagaimana khalayak pada umumnya, tahun baru seringkali dijadikan sebagai ajang untuk perbaikan diri dan titik memulai kembali menjadi lebih baik. Ya, begitulah. Sebab hidup; tanpa rencana hanya akan sia-sia belaka. Bener nggak, Sobat Fokus? Tahun baru bukan sekedar hura-hura belaka, namun juga sarat akan nuansa kebaruan. Waktu aja terus baru, cuy. Masa kamu nggak? Udah saatnya resolusi 2018, nih!

Namun jangan sampai kita dalam merancang resolusi terpengaruh dengan hal-hal yang sekedar trend sesaat. Ingat ya, resolusi itu harus diupayakan sematang mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri. Terutama buat Sobat Fokus, nih, yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa. Sebagai sosok yang terpelajar maka sebaiknya melakukan perencanaan yang baik agar resolusi-resolusi yang dicanangkan dapat terlaksana.

Yuk, langsung aja kita pantengin tips-tips membuat resolusi yang optimal agar dapat terealisasikan di tahun yang akan datang:

Tips Merancang Resolusi 2018 Ala Mahasiswa
1. Niat

niat

Ya, niat! Hal-hal simple kaya gini, nih, yang sering bikin kita cuman semangat di awal saja dalam upaya menggapai resolusi. Niat ini guys, ibaratnya adalah pondasi dari sebuah rumah. Anggap resolusi adalah rumah, maka pondasinya tentu adalah niat. Maka dari itu, perlu diniati ya, Sobat Fokus.

2. Tentukan Hal-hal yang Rasional

Tentukan hal-hal yang rasional

Setelah niat, kita perlu memikirkan hal-hal yang sekiranya rasional untuk diraih. Kadang ada anak-anak muda yang buat resolusi tanpa pikir panjang dulu. Maka dari itu, sebagai kalangan berpendidikan yang bijak lagi berpengetahuan, sudah saatnya untuk melakukan resolusi yang masuk akal agar bisa dilaksanakan dengan totalitas. Eits, bukan berarti ngelarang untuk bermimpi tinggi-tinggi, namun meraih mimpi pun perlu perencanaan agar tidak mengabur begitu saja.

3. Susun Skala Prioritas

Susun Skala Prioritas

Ada baiknya bagi kita untuk menentukan prioritas dalam merealisasikan resolusi. Cara menyusunnya adalah dengan memilah mana yang menjadi prioritas jangka pendek dan mamna yang direncanakan untuk jangka panjang. Tujuannya adalah agar segalanya kelak bisa berjalan sesuai dengan target.

4. Membuat Timeline

Membuat Timeline

Timeline atau perencanaan waktu ini sangat penting dalam merancang resolusi. Setelah tahap skala prioritas tadi, baiknya kita menyusun waktu pelaksanaannya. Tujuannya adalah agar kita dapat disiplin dan bertanggung jawab dengan keputusan diri sendiri.

5. Ajak Orang Lain Untuk Terlibat

Ajak Orang Lain Untuk Terlibat

Memang ini resolusi diri sendiri, namun nggak ada salahnya ajak orang lain untuk terlibat juga. Kenapa penting? Tujuannya adalah ada yang mengingatkanmu untuk teguh pada resolusimu. Kamu bisa ajak teman kepercayaanmu, pacar, hingga orang tua. Setidaknya, di kala dirimu melenceng dari tujuan, ada sosok lain disana yang dapat meluruskan kembali jalanmu.

6. Do It!

Do It!

Niat sudah, skala prioritas hingga timeline juga sudah. Apa lagi kira-kira? Ya dilakukan, dong! Buat apa susah-susah buat perencanaan tapi nggak dilakuin. Maka dari itu, Sobat Fokus, lakukan apa yang sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya.

7. Tetap PD dan Jangan Dengarkan Nyinyiran Orang Lain!

Tetap PD dan Jangan Dengarkan Nyinyiran Orang Lain!

Ya, setelah kita melakukan semuanya, pasti ada orang-orang lain yang berkomentar. Kalo komentarnya baik sih nggak masalah, tapi kalo udah ketemu orang nyinyir? Cuekin aja, sob. PD aja kali dengan caramu melaksanakan resolusimu. Anggaplah itu angin lalu dan teruslah menatap ke depan!

Nah, itu tadi Sobat Fokus, kiat-kiat menyusun resolusi tahun baru. Semoga bermanfaat dan semoga tahun barumu menyenangkan. Semangat! Happy New Year! (sig)

Berita Terkait

  • Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2,  Simak Dulu Tips Ampuh Sebelum Berkuliah S-2 Berikut Ini
  • Sekarang ini magang menjadi salah satu aktivitas wajib yang dilakukan oleh mahasiswa. ASelain berperan sebagai sebagai syarat kelulusan, namun ada pula mahasiswa yang sengaja magang untuk mendapat pengalaman dan koneksi saat mencari kerja nantinya
  • Infokampus.news - Setiap pihak sponsor beasiswa pasti mempunyai beberapa persyaratan bagi pelamar beasiswa, salah satunya adalah esai beasiswa. Perbedaan mendasar dari esai biasa dan esai beasiswa sebenarnya terletak pada titik beratnya. Esai beasiswa menitikberatkan pada pribadi pelamar beasiswa dan persuasi kepada pihak sponsor agar tertarik memberi beasiswa kepada pelamar. Untuk itu, kali ini  Infokampus.news akan berbagi tips menulis esai beasiswa. Tips Menulis Esai Beasiswa Paling Ampuh! Berikut ini adalah tips…

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
meme Qasidah
Kumpulan Meme Qasidah Ini Bisa Kasih Kamu Pencerahan Resolusi Paling Faedah Tahun 2018!

Kumpulan meme qasidah yang sarat akan faedah ini bisa jadi rujukan untuk para sahabat FoKus untuk membuat resolusi

Close