Cari Alternatif Transportasi Kampus yang Ramah Lingkungan, UI Akan Bangun Monorel!

Infokampus.news – Setelah mempunyai transportasi massa yang beroprasi didalam kampus seperti Bis Kuning (Bikun) dan Sepeda Kuning (Spekun), Universitas Indonesia (UI) Kembali akan menambah fasilitas transportasi kampus mereka dengan akan dibangunnya Monorel. Kepastian tersebut hadir setelah UI dengan PT SkyWay Technologies Indonesia, menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (NKB) pada Senin (25/9/2017) di Ruang Sidang Pusat Administrasi Universitas (PAU) Rektorat Universitas Indonesia. NKB tersebut ditandatangani oleh Prof. Muhammad Anis selaku perwakilan dari Universitas Indonesia dan Country Director PT SkyWay Technologies Indonesia, Madinatul Fadhilah.

Kerja sama UI dengan PT Sky Way Technologies Indonesia, Langkah Awal Bangun Model Transportasi Antar Fakultas di UI
Sumber : Dok. ui.ac.id

Seperti dilansir dalam laman UI. Prof. Anis menuturkan, rencana pembangunan model transportasi baru di UI merupakan salah satu upaya untuk menjawab tantangan teknologi yang semakin berkembang. Kerja sama antara UI dengan PT Sky Way Technologies Indonesia merupakan sebuah langkah awal dalam usaha membangun model transportasi yang mengakomodasi konektivitas antarfakultas di UI.

“Kita sedang mencari partner  yang bisa membantu mengembangkan sistem transportasi yang memungkinkan adanya konektivitas antarfakultas,” tutur Prof. Anis.

Kereta Kapsul Jadi Jawaban Alternatif Untuk Tekan Jumlah Emsisi Karbon Kendaraan Bermotor di UI

Lebih lanjut, Faktor ramah lingkungan masih dikedepankan UI dalam membangun sebuah altrnatif trasportasi di dalam kampus. Hal itu selaras dengan cita-cita UI yang ingin mewujudkan green campus di Indonesia. Prof. Anis mengungkapkan, nantinya juga akan menerapkan parkir terintegrasi guna mengurangi jumlah emisi karbon kendaraan bermotor yang melintas di UI, . Ia berharap nantinya SkyWay bisa menjadi salah satu alternatif transportasi massa selain bis kuning (bikun) dan sepeda kuning (spekun) yang sudah ada.

Nantinya, transportasi yang akan dibangun berupa semacam kereta berbentuk kapsul yang mirip monorel di UI. Disamping itu, Prof. Anis juga menambahkan, rencananya, kereta tersebut akan dibuat dengan kapasitas 23 orang perkereta. UI menjadi kampus pertama di Indonesia dan kampus ketiga di dunia yang menjadi rekan riset dan pengembangan teknologi SkyWay. Ia berharap kerja sama antara PT Sky Way dengan UI bisa menjadi benchmark untuk Indonesia.

Selain itu, Madina juga mengungkapkan harapannya agar SkyWay bisa menjadi solusi konektivitas yang cepat, namun juga ramah terhadap lingkungan. (uch)

 

Sumber : Humas UI

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keren, Enam Mahasiswa UNNES Ini Akan Jalanin Kuliah Di Jepang!

Infokampus.news - Enam mahasiswa UNNES dari program studi Pendidikan Bahasa Jepang berhasil meraih kesempatan untuk menuntut ilmu di Jepang.

Close