Cari Kerja, Siapkan Beberapa Hal Ini

INFOKAMPUS.NEWS, – Mencari kerja bukan kegiatan yang mudah, terutama untuk fresh graduate. Job fair menjadi kesempatan emas bagi perusahaan dan para pencari kerja untuk menemukan apa yang diinginkan masing – masing. Tidak sedikit pencari kerja memanfaatkan job fair untuk mencari peluang. Kalian harus bersaing dengan banyak orang. Untuk itu, ada lebih baiknya untuk menyiapkan dan melengkapi persyaratan administrasi. Biasanya sebuah perusahaan telah menentukan standar berupa syarat untuk lolos dalam tahap administrasi data. Tahap ini menentukan kalian bisa masuk ke tahap selanjutnya atau tidak. Selain melalui job fair, kalian juga bisa melihat melalui website – website resmi perusahaan dan sosial media yang menyediakan informasi bursa kerja.

Berikut ini adalah hal – hal penting yang kalian harus siapkan saat akan melamar pekerjaan.

  1. Analisa Pencapaian dan Kemampuan Diri
    Sebagai seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, biasanya cukup sulit menemukan pekerjaan. Namun jangan berkecil hati, tidak sedikit perusahaan yang menerima para fresh graduate. Mencantumkan pencapaian semasa kuliah atau sekolah akan memberikan nilai plus diri sobat dihadapan perekrut. Mengetahui kemampuan kalian juga dapat mempermudah mencari pekerjaan yang sesuai.
  2. Mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan
    Sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, lebih baik kalian memperdalam informasi tentang perusahaan tersebut. Bagaimana sistem kerjanya, lingkungan kerja, jenjang karir yang ditawarkan dan gajinya. Kalian bisa bertanya kepada orang yang sudah pernah bekerja disana atau membaca review. Saat ini, beberapa situs bursa kerja telah menyediakan range gaji yang ditawarkan perusahaan dan informasi pengalaman dari tempat kerja tersebut.
  3. Menyiapkan Administrasi
    Administrasi merupakan gerbang penentu lolos tidaknya kalian ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, kalian harus melengkapi persyaratan administrasi yang diminta perusahaan. Persyaratan umum yang harus disiapkan biasanya foto copy ijazah dan transkrip nilai, foto copy KTP, foto copy Kartu keluarga, pasfoto terbaru, CV, SKCK, foto copy sertifikat pencapaian atau kemampuan dan surat pengalaman kerja (bagi yang sudah pernah bekerja) dan surat lamaran pekerjaan. Ada juga perusahaan yang lebih membutuhkan portofolio sebagai syarat tambahan, khususnya pekerjaan bidang kreatif.
  4. Menguatkan Personal Branding yang Bagus
    Sosial media bisa menjadi senjata yang ampuh dan bisa juga menjatuhkan diri kalian. Melalui sosial media yang sifatnya umum dan terbuka, bisa kalian manfaatkan untuk menciptakan citra diri yang baik melalui postingan kalian. Feed instagram juga bisa kalian manfaatkan sebagai portofolio yang menarik. Mulai sekarang kalian bisa menata kembali feed instagram dan memperhatikan setiap postingan yang dibagikan. Selain itu, personal branding yang bagus juga didapatkan dari kepercayaan diri yang bagus. Percaya diri mampu memancarkan aura positif. Namun, jangan terlalu over percaya diri juga.
  5. Mempersiapkan Diri Saat Wawancara
    Jika kalian sampai ditahap wawancara artinya telah lolos tahap administrasi. Perjuangan tinggal sedikit lagi, Mempersiapkan diri saat wawancara itu sangat penting. Kalian juga harus menyiapkan menyiapkan kondisi mental yang baik dan jangan terlalu terlihat gugup. Berikan kesan yang baik pada recruiter dengan datang tepat waktu dan memberikan informasi yang baik pada saat menyampaikan interview. (HAS)
Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.