Cari Tahu Yuk Cara Masuk PTN Selain Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Infokampus.news – Bagaimana jika kamu belum lulus SBMPTN dan tetap ingin berkuliah di PTN tahun ini? kamu masih bisa mendaftar ke Perguruan Tinggi impian dengan tes terakhir yakni lewat seleksi mandiri.

Jalur Mandiri atau Seleksi Ujian Mandiri adalah sebutan untuk penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Umumnya, pendaftaran jalur mandiri PTN dibuka setelah SBMPTN. Tahun 2019 ini jalur mandiri diberi kuota 30 persen dari total jumlah mahasiswa yang akan diterima. Tahun 2019 ini jalur mandiri diberi kuota 30 persen dari total jumlah mahasiswa yang akan diterima.

Angka ini naik ketimbang tahun 2018 lalu dimana jalur mandiri hanya diberi kuota 20 persen. Biaya seleksi mandiri memang bisa dikatakan lebih besar ketimbang jalur SBMPTN apalagi SNMPTN. Hal itu lantaran pihak universitas bisa meminta uang pangkal dari para lulusan yang lolos dari jalur mandiri PTN.

Merujuk Permenristekdikti No 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pasal 9 (1), menyebutkan PTN dapat memungut uang pangkal dan/atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma yang terdiri atas:

Baca Juga :  Satgas Saber Pungli Goes to Campus, Universitas Brawijaya Siap Aktif Perangi Pungli

1. mahasiswa asing
2. mahasiswa kelas internasional
3. mahasiswa yang melalui jalur kerja sama; dan/atau
4. mahasiswa yang melalui seleksi jalur mandiri.

Jadi untuk jalur mandiri besaran biaya kuliah tergantung kebijakan PTN tersebut dengan kata lain biaya jalur mandiri PTN terbagi menjadi 2 (dua), yakni :

1. Biaya kuliah terdiri atas UKT ditambah uang pangkal (atau pungutan lainnya).
2. Biaya kuliah hanya terdiri atas UKT saja.

Biayanya bisa berkisar antara Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 100 juta untuk jurusan kedokteran. Adapun jadwal pendaftaran di setiap PTN penyelenggara Seleksi Mandiri berbeda-beda. (Jul)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *