CBT, Terapi Perilaku yang Ampuh Atasi Masalah Psikologis

Infokampus.news, Malang – Maraknya kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia perlu diantisipasi sejak dini. Salah satunya melalui terapi perilaku kognitif atau Cognitif Behavioral Therapy (CBT) dan Behavioral Activation. Kedua cara ini telah terbukti untuk mengendalikan perilaku khususnya pada pelaku kekerasan terhadap anak.

“CBT merupakan salah satu teknik terapi psikologi yang telah teruji dan dianggap sebagai teknik yang sesuai dengan bukti,” kata A. Kasandra, Psikolog Forensik di sela Workshop Psikologi Forensik Cognitive Behavioral Therapy dan Behavioral Activation (BA) dalam Penanganan Korban Kekerasan di Auditorium Fakultas Hukum.

Baca Juga :

CBT menggunakan kognisi atau proses berpikir sebagi kunci dari perubahan perilaku. Cara ini terbukti ampuh memperbaiki emosi dan perilaku seseorang, sayangnya CBT ataupun BA masih asing di telinga para psikolog.

“Berdasarkan penelitian Menuk (Psikolog), sebagian besar psikolog Indonesia tidak melakukan terapi tapi konsultasi. Hanya menasehati namun tidak merubah perilaku,” ungkap Kasandra.

Senada dengan Psikolog Ade Laressa, M.Psi, menyebut bahwa CBT dan BA cenderung baru dalam mengatasi masalah psikologi. Oleh sebab itu, sebagai seorang Psikolog ia merasa perlu menggelar sosialisasi pada para Psikolog maupun pakar bidang keilmuan terkait.

“CBT dan BA masih baru-baru ini didengungkan, dan workshop ini salah satu cara kami menyosialisasikan teknik terapi tersebut khususnya untuk penangan kekerasan meski sebenarnya bisa diaplikasikan secara umum,” jelas Ade yang juga ketua pelaksana Workshop Psikologi Forensik.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 Psikolog dari berbagai kota di Indonesia meliputi Malang, Surabaya, Kendari, dan Magelang, serta lintas bidang seperti hukum dan rohaniawan. Materi dan pelatihan diberikan selama 2 hari, mulai hari ini Sabtu, 12 November sampai Minggu, 13 November 2016.

Penulis : Galuh Pandu

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
magang atau kerja di Google
Mau Magang atau Kerja di Google? Perhatikan Cara Rekrutmennya Berikut Ini

Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini banyak orang dari seluruh penjuru sangat mengidamkan magang atau kerja di Google.

Close