Cegah Aksi Kriminalitas Di Lingkungan Kampus, UB Terapkan Sistem Keamanan Yang Dinamis

Infokampus.news, Malang – Kasus kriminal yang belakangan terjadi di lingkungan Universitas Brawijaya (UB) tentu saja membuat banyak masyarakat civitas akademika UB khawatir dengan tingkat keamanan di UB. Namun menurut Ketua Keamanan UB, Prijo Firmanto, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena, personil keamanan UB sudah punya sistem dan cara kerja jitu untuk menanggulangi kriminalitas di UB.
“Kalau secara detail tidak bisa saya sampaikan karena takutnya diketahui oleh penjahat dan dimanfaatkan untuk tindak kriminal lainnya. Tapi sistem yang kami terapkan dilapangan sendiri bersifat dinamis, yang artinya tiap saat berubah tergantung kondisi lapangan. Hal ini yang banyak tidak diketahui oleh para pelaku kejahatan sehingga aksi kriminal mereka jarang ada yang berhasil,” Ungkapnya.
Prijo pun optimis dengan sistem yang berjalan saat ini, tingkat kriminalitas di lingkungan UB pun bisa ditanggulangi secara baik dan tegas, sehingga para civitas akademika baik dari kalangan karyawan, Dosen, maupun Mahasiswa bisa terfokus pada kegiatan akademis dan tidak lagi khawatir akan terjadinya tindak kriminal yang sedang hangat beberapa bulan belakangan.
“Saya optimis dan menjamin penindakan terhadap perilaku kriminal yang berani berbuat kejahatan di UB akan ditindak secara tegas dan tangkas oleh personil keamanan UB,” Pungkas Prijo

Sejak Tahun 2013, Aksi Kriminalitas Di Lingkungan UB Alami Penurunan Drastis

Prijo pun membeberkan, tingkat perilaku kejahatan seperti Curanmor di UB pun mengalami penurunan yang drastis dari beberapa tahun belakangan. Dirinya mengakui pada tahun 2013-2014 memang marak laporan terkait kehilangan motor di lingkungan UB. Namun sejak bergantinya sistem keamanan di tahun 2015, sampai saat ini laporan kehilangan motor di UB sudah jarang dan hampir sudah tidak ada lapaoran terkait hal tersebut.
“Semenjak berubahnya sistem Karcis kedalam sistem baru sekarang ini, makin lama semakin turun tingkat laporan kehilangannya. Bahkan saya sudah tidak menerima laporan kehilangan motor lagi di beberapa bulan belakangan,” Ungkapnya.

Waspada dan Koordinasi Yang Baik, Kunci Kurangi Tingkat Kriminalitas di UB

Prijo pun berpesan, untuk mencegah aksi kriminalitas terjadi di lingkungan UB, para civitas akademika UB diharapkan mampu mengawasi lingkungan sekitarnya secara baik dan terkoordinasi. Dirinya mencontohkan, keamanan UB berhasil menangkap pelaku kejahatan pencurian tas disebabkan ada koordinasi yang baik antara keamanan pusat, kemanan Fakultas, dan Pengurus masjid di Fakultas Hukum (FH).
“Yang terpenting adalah kewaspadaan dari diri sendiri terlebih dahulu, wajib jika kita mencurigai orang-orang yang penampilannya,tidak mencerminkan civitas akademika UB, tapi sebatas mencurigai saja boleh ya, asal jangan menuduh. Kami dari tim keamanan Kampus UB pun akan terus berusaha bekerja dengan baik dan berkoordinasi dengan baik agar lingkungan UB menjadi lingkungan kampus yang ramah dan bebas aksi kejahatan,” Jelasnya

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Redam Keresahan Akibat Poster Anti PKI-LGBT, FISIP UB Gelar Konferensi Pers Terbuka

Terkait dengan hebohnya poster ilegal yang dipasang di beberapa lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang

Close