Cegah Bunuh Diri, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Ajak Semua Kalangan Berpartisipasi dalam HKMS 2019

INFOKAMPUS.NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia (HKMS) 2019, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengajak semua kalangan lakukan pencegahan bunuh diri (10/10).  Kampanye ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program World Health Organization (WHO) dalam memperingati World Mental Health Day  setiap tanggal 10 Oktober.

HIMPSI mengajak semua kalangan bekerja bersama-sama mencegah bunuh diri dan meningkatkan kesehatan mental masyarakat Indonesia.

Dalam rangka HKMS 2019, HIMPSI meluncurkan logo HKMS 2019 dan mengajak perangkat organisasi HIMPSI menggunakan dengan sebaik-baiknya untuk menjadi gambar di PIN, kaos dan lainnya. Bagi organisasi lainnya di luar HIMPSI, dapat menggunkana  logo tersebut dengan meminta persetujuan dari HIMPSI Wilayah setempat atau melalui HIMPSI Pusat.

“Bila anda berkenan, berbagilah apa yang anda lakukan dalam 40 detik tersebut (dapat berupa pesan, photo, atau video) dengan menggunakan hasthtag #40detikHKMS2019 dan #HIMPSI_HKMS2019.” ujar Himpsipusat melalui akun instagramnya @himpsipusat.

“Mohon ketika berbagi memperhatikan peringatan ini: untuk menghargai privasi teman atau orang yang sedang bermasalah, jangan pernah berbagi informasi tentang kesehatan mentalnya ke media sosial atau saluran publik lainnya tanpa persetujuan dari mereka).” tambahnya.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Dalam HKMS 2019 ini, HIMPSI bekerjasama  dengan Direktorat  Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen Paud dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam program “Sosialisasi Dukungan Psikologi Awal (DPA) di SMA dan SMK” dalam  rangka  Bulan Bakti Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2019.

Harapnnya dari program ini setiap siswa mempunyai ketrampilan sederhana untuk membantu diri sendiri  dan temannya ketika menghadapi permasalahan atau situasi sulit. Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di hampir semuap propinsi (satu atau dua SMA/SMK  setiap propinsi) oleh HIMPSI Wilayah setempat.

Selain dua kegiatan besar tersebut, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMPSI Pusat dan Wilayah serta Asosiasi/Ikatan yang berada di dalam HIMPSI untuk terus memberikan layanan bagi peningkatan kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, lembaga pemerintah, maupun institusi lainnya.

HIMPSI Cabang Malang juga sangat mendukung Kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia ini. Salah satu musuh besar kesehatan mental dunia adalah Depresi. Dimana indikasi utama Depresi  adalah sampai kepada pikiran dan bahkan ada upaya  bunuh diri mengakibatkan rawannya usaha bunuh diri. Kerawanan ini juga rentan terjadi pada mahasiswa. Dalam Rangka meningkatkan Kesehatan Mental Masyarakat, Mari kita gencarkan Kampanye “Working Together to Prevent Suicide”  dari HIMPSI ini. (Rfl)

 

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.