Cegah corona! Pemerintah Malang Gandeng FT UB Hasilkan Siko

INFOKAMPUS.NEWS – Penyebaran virus corona covid-19 sudah terjadi di beberapa Negara termasuk Indonesia. Pantauan terkini, Kasus coronavirus COVID-19 di Indonesia bertambah menjadi 309 orang dengan 15 sembuh dan 25 orang meninggal, menurut data yang dicatat Kementerian Kesehatan hingga Jumat (20/3/2020) pukul 09.00 WIB.

Hal ini membuat beberapa pemerintah daerah membuat gebrakan antisipasi pencegahan corona, salah satunya kota Malang. Pemerintah kota Malang bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya berhasil menciptakan alat bernama “SIKO” alias sikat corona. Sikat corona ini didesain untuk, mensterilkan orang dan akan dipasang di setiap gedung perkantoran.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan alat ini merupakan buatan tim Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB). Alat tersebut akan dipasang di ruang publik, selain di perkantoran.

“Alat ini saya beri nama Siko (sikat korona), nanti berfungsi menyemprotkan kabut atau uap disinfektan ke tubuh manusia. Alat ini kerangkanya di produksi oleh mahasiswa FT UB, cairannya disiapkan Dinas Kesehatan,” kata Sutiaji, Kamis, 19 Maret 2020

Baca Juga :  UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

Siko segera digunakan secara efektif pada Jumat, 20 Maret 2020. Tahap pertama, sebanyak 50 unit telah dibuat.

“Di tahap awal akan dipasang 20 unit di titik-titik keramaian dan pelayanan di Kota Malang,” imbuhnya.

Selain itu, Pemkot Malang segera meluncurkan aplikasi Malang Corona Detector. Aplikasi tersebut mengumpulkan data warga Malang yang berisiko covid-19 dan memudahkan pelacakan. Malang Corona Detector juga memiliki fitur deteksi dini, pemeriksaan, dan penapisan mandiri oleh masyarakat. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *