Cegah Korupsi Sejak Dini, KPK dan FISIP UB Sepakat Berintegrasi

Infokampus.news, Malang –  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang berharap integritas antara KPK dan Universitas Brawijaya (UB) akan terus berlangsung guna memunculkan bibit-bibit penggerak anti korupsi. Hadir sebagai Pemateri Festival Integritas Kampus 2016 yang diselengarakan di Auditorium Nuswantara FISIP UB, Saut berharap adanya tindak langsung dari UB khususnya FISiP dalam memberantas perilaku korupsi walaupun dari perlakuan yang terkecil sekalipun.

Baca Juga :

“Harus diterapkan sistem Punish and Reward dari perlakuan korupsi di kampus, Saya contohkan di kampus di Jakarta sudah ada yang menerapkan sistem ini, jika ada yang Titip Absen maka nama mahasiswa itu dicoret langsung dari pihak kampus. Nah saya harap di FISIP ada perlakuaan sepefti itu. Karena itu sebagai perlakuan yang bisa memberantas bibit koruptor sejak dini,” Papar Saut.

Oleh karena itu, Saut mengapresiasi beberapa kampanye sosial yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa Komunikasi yang mengikuti Festival Integritas Kampus ini. Menurutnga, kampanye sosial tersebut harus ditindak lanjuti pihak FISIP sebagai program pemberantasan korupsi sejak dini.

Fokus di Sektor Pencegahan, Saut : KPK Tidak Bangga Tangkap Koruptor

Lebih lanjut, Dirinya mengakui bahwa citra KPK saat ini di masyarakat masihlah terbatas soal Operasi Tangkap Tangan (OTT). Padahal, menurut Saut KPK lebih mengedepankan penindakan prefentif yang bersifat berkelanjutan dibanding melakukan penangkapan terhadap koruptor.

“Kalau diibaratkan dokter gigi, maka saya tidak mau membanggakan diri dengan jumlah gigi yang saya cabut tetapi jumlah pasien yang sembuh berkat saya. Nah begitu juga di KPK ini, saya tidak mau KPK dikenal sebagai tukang tangkap korupsi, tetapi sebagai lembaga yang membersihkan perilaku korupsi dimasyarakat,” Ungkapnya.

Cegah Korupsi di Indonesia, Saut Ajak Mahasiswa Berkontribusi

Oleh karena itu, untuk menghapus perilaku korupsi di masyarakat kedepannya, Saut mengajak Mahasiswa untuk ikut berkontribusi langsung dalam penindakan pencegahan korupsi. Mahasiswa diharpakan mampu membangun sifat kepemimpinan yang bersih dan bertanggung jawab kedepannya.

“Saya juga secara langsung mengajak mahasiswa FISIP UB ini untuk ikut terjun langsung di KPK. Jika ada yang ingin membersihkan Indonesia dari korupsi, pintu KPK terbuka lebar bagi teman-teman mahasiswa untuk berkontribusi langsung,” Ungkap Saut.

Penulis : Ucha

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kamu Calon Guru? Simak Tips Bangun Budaya Prestasi ini!
Kamu Calon Guru? Simak Tips Bangun Budaya Prestasi ini!

Dalam acara kuliah tamu yang digelar di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang atau FIP UM hari...

Close