Cegah Masalah, Menrsitekdikti Beri Solusi untuk UTBK 2019

Infokampus.news –  Untuk mengantisipasi koneksi in­ternet yang terlalu padat apa­bila semua lokasi tes men­gunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes. Men­teri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek­dikti) Mohamad Nasir memberikan solusi dengan me­minta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia ujian tulis berba­sis komputer (UTBK) lokal untuk menginstall aplikasi UTBK. Fungsinya untuk men­gunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan.

”Untuk mengatasi kendala yang terjadi, yang paling per­tama soal sudah diunduh sebelumnya dan diterima. Karena yang penting pada saat Hari H (aplikasi) diinstal di tempat ujian, tidak terjadi masalah,” ujar Nasir ketika mengunjungi kampus Uni­versitas Diponegoro (Undip). 

Menurutnya, tujuan dari menginstall aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan untuk menganti­sipasi traffic data yang padat akibat aktivitas pusat UTBK se-Indonesia dalam mengun­duh soal. Sebab, jika koneksi internet bermasalah, akibat­nya akan mengganggu per­siapan tes.

“Kapasitas kursi 30.000 sudah tersedia untuk dua gelombang. Jumlah peserta 16.479 sejauh ini untuk gelombang pertama,” ungkap Menteri Nasir.

Adapun saat ini, pendaftaran UTBK seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) gelombang I ma­sih berlangsung hingga 24 Maret mendatang. Berikutnya, pendaftaran Gelombang ke­dua digelar pada 25 Maret-1 April 2019. Sementara untuk pelaks­anaan tes, peserta pendaftar gelombang pertama dan gelombang kedua akan diga­bungkan pada 13 April-4 Mei 2019 pada setiap lokasi lokal UTBK di setiap provinsi.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, pihaknya sudah melakukan tahapan yang ter­struktur agar UTBK berjalan lancar dan aman. Dia juga menjamin internet tidak akan eror saat digunakan menginstal aplikasi dan mengunduh soal. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.