Cegah Masalah, Menrsitekdikti Beri Solusi untuk UTBK 2019

Infokampus.news –  Untuk mengantisipasi koneksi in­ternet yang terlalu padat apa­bila semua lokasi tes men­gunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes. Men­teri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek­dikti) Mohamad Nasir memberikan solusi dengan me­minta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia ujian tulis berba­sis komputer (UTBK) lokal untuk menginstall aplikasi UTBK. Fungsinya untuk men­gunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan.

”Untuk mengatasi kendala yang terjadi, yang paling per­tama soal sudah diunduh sebelumnya dan diterima. Karena yang penting pada saat Hari H (aplikasi) diinstal di tempat ujian, tidak terjadi masalah,” ujar Nasir ketika mengunjungi kampus Uni­versitas Diponegoro (Undip). 

Menurutnya, tujuan dari menginstall aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan untuk menganti­sipasi traffic data yang padat akibat aktivitas pusat UTBK se-Indonesia dalam mengun­duh soal. Sebab, jika koneksi internet bermasalah, akibat­nya akan mengganggu per­siapan tes.

“Kapasitas kursi 30.000 sudah tersedia untuk dua gelombang. Jumlah peserta 16.479 sejauh ini untuk gelombang pertama,” ungkap Menteri Nasir.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Adapun saat ini, pendaftaran UTBK seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) gelombang I ma­sih berlangsung hingga 24 Maret mendatang. Berikutnya, pendaftaran Gelombang ke­dua digelar pada 25 Maret-1 April 2019. Sementara untuk pelaks­anaan tes, peserta pendaftar gelombang pertama dan gelombang kedua akan diga­bungkan pada 13 April-4 Mei 2019 pada setiap lokasi lokal UTBK di setiap provinsi.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, pihaknya sudah melakukan tahapan yang ter­struktur agar UTBK berjalan lancar dan aman. Dia juga menjamin internet tidak akan eror saat digunakan menginstal aplikasi dan mengunduh soal. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *