Cek Biaya Kuliah Kedokteran di Kampus Negeri!

Fakultas kedokteran selalu menjadi primadona di setiap penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), hingga ujian mandiri. Padahal, biaya kuliah di fakultas kedokteran tidaklah murah. Bahkan, mahasiswa harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk bisa lulus di fakultas tersebut.

Kuliah kedokteran di Universitas Dipenogoro (Undip) misalnya. Dikutip dari laman Undip, besaran uang kuliah tunggal (UKT) untuk program studi pendidikan dokter mencapai Rp19 juta per semester untuk golongan tujuh atau yang termahal.

Khusus bagi mahasiswa baru yang masuk kedokteran Undip melalui jalur ujian mandiri, selain dikenai UKT termahal, mereka juga akan membayar sumbangan pengembangan institusi (SPI) di awal semester satu. Jumlah SPI pendidikan dokter tersebut adalah Rp100 juta untuk golongan I dan Rp150 juta di golongan II. Golongan tersebut berdasarkan pengisian formulir pendaftaran sebelumnya.

Baca Juga:

Tak jauh berbeda, biaya kuliah kedokteran di Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk golongan teratas mencapai Rp20 juta per semester. Di Unhas sendiri UKT terbagi menjadi lima golongan. Mahasiwa jalur ujian mandiri akan dikenai UKT termahal. Tidak ada ketentuan biaya lain yang harus dibayarkan kecuali UKT.

Sedangkan di Universitas Airlangga (Unair), besaran UKT tertinggi yang harus dibayarkan per semester untuk program studi pendidikan dokter adalah Rp21,5 juta. Bagi mahasiswa dari jalur ujian mandiri, mereka harus membayar uang kuliah awal (UKA) pada saat masuk sebesar Rp70 juta. Mahasiswa jalur ini membayar uang kuliah semesteran (UKS) sebesar Rp15 juta per semester. Untuk program studi kedokteran gigi, UKA yang harus ditanggung senilai Rp60 juta dengan UKS Rp12,5 juta per semester.

Sementara di Universitas Gadjah Mada (UGM), biaya kuliah kedokteran termahal, yakni Rp22,5 juta per semester. UKT ini diberikan untuk mahasiswa yang orangtuanya berpenghasilan di atas Rp10 juta per bulan. Dilansir dari laman UGM, untuk biaya kuliah kedokteran gigi di sana mencapai Rp20 juta per semester pada kelompok UKT teratas. (FA)

 

Sumber: Okezone

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisata Ala Italia Ini Bisa Kamu Nikmati Di Dalam Kampus!

Siapa sih yang tidak tahu wisata air yang bisa kamu nikmati dengan perahu di dalam kota seperti di Venice, Italia?

Close