CEO Talks, Bisri : Lulusan FILKOM Jualan Produk IT jangan Jualan Kerupuk

“Bila diibaratkan sebuah pabrik, perguruan tinggi adalah produsen sumber daya manusia (SDM) yang menghasilkan SDM berkompetensi di bidang masing-masing. Maka kontribusi lulusan perguruan tinggi inilah yang kelak dibutuhkan negara untuk memajukan bangsanya,” kata Rektor UB Prof. Dr. Ir Bisri, MS mengawali CEO Talks, rangkaian UB IT Innovation Gathering (UBITIG) 2016 pagi di Studio UB TV, Rabu, 19 Oktober 2016.

Infokampus.news, Malang – Orang pertama di kampus biru ini mengapresiasi penuh pelaksanaan rangkaian acara UBITIG yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UB mulai 15 Oktober 2016 lalu sampai hari ini 19 Oktober 2016. Kegiatan ini menurutnya adalah kesempatan sekaligus peluang bagi mahasiswa sebagai inovator produk IT memperkenalkan karyanya. Menurutnya mahaiswa harus mampu berkarya sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

“Lewat IT Expo itu nanti produk karya mahasiswa FILKOM bisa dikembangkan, kemarin ada Pasar Brawijaya masak anak FILKOM sama Teknik jualan kerupuk kan nggak nggak cocok. Nah lewat kegiatan seperti ini mahasiswa FILKOM bisa dapat pencerahan,” kata Bisri seraya berkelakar.

Baca Juga :

Bisri juga menyebut bahwa kebanyakan mahasiswa setelah lulus kuliah jadi PNS, ternyata tahun ini UB hanya dapat 21 calon dosen yang artinya serapan lulusan jadi PNS sangat rendah. Sedangkan yang melanjutkan S2 tidak lebih dari 5 persen, sisanya ikut orang atau mandiri sementara peluang kerja juga tidak besar.

“Saya harap lebih dari 50 persen lulusan perguruan tinggi menjadi wirausahawan sesuai dengan bidang dan kompetensi masing-masing, kalau IT ya IT,” tandasnya.

Langkah ini pun bersesuaian dengan gerakan nasional 1000 start up digital yang dicanangkan Kemenkominfo beberapa waktu lalu.

“Program ini mendorong lulusan menjadi mandiri,” tegas Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan yang hadir dalam CEO Talks tersebut.

Selain Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo dan Rektor UB Prof. Dr. Bisri MS, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Malang Sutiaji, Wakil Bupati Trenggalek, sejumlah CEO produk digital, dan Dekan Filkom UB, serta diikuti oleh ratusan perserta.

Penulis : Galuh Pandu Larasati

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peduli Disabilitas, Dosen FILKOM UB Buat Kursi Roda Pintar

Tim Riset Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brwaijaya (FILKOM UB) membuat terobosan baru untuk membantu kaum disabilitas dalam kegiatan sehari-seharinya. Inovasi...

Close