Cerdas Di atas Rata- Rata Dengan Teknik Belajar Pomodoro

Infokampus.news– Siapa yang tidak ingin mendapat nilai yang maksimal? Semua tugas dan deadline terselesaikan tepat waktu? Banyak orang pada masa kini mengalami kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas belajar ataupun menyelesaikan tugas. Hal ini dapat disebabkan berbagai faktor misalnya banyaknya kegiatan lain yang menganggu proses belajar atau urusan yang sepele yaitu terlalu lama bermain gadget sehingga tugas yang lain menjadi terabaikan.

Jika keadaan semacam ini terus menerus dibiarkan, segala aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan optimal sehingga akan berdampak pada menurunnya nilai akademis dan produktivitas. Lalu bagaimana cara mengatasi keadaaan semacam itu? Apakah ada teknik belajar yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Cobalah menggunakan teknik “POMODORO.

Pomodoro adalah suatu teknik belajar menggunakan management waktu. Dalam teknik ini kita menggunakan interval waktu dan diselingi isitirahat, sehingga tubuh tidak terlalu menanggung beban yang berat. Teknik ini diperkenalkan oleh Francesco Cirillio pada tahun 1980. Kata pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “tomat”. Hal ini disebabkan oleh timer yang digunakan oleh Francesco untuk mengatur interval waktu belajarnya berbentuk seperti tomat.

Baca Juga :  Siapkan Tantangan Revolusi Industri 4.0, STIKI Malang Keluarkan Kurikulum Baru

Lalu bagaimana cara menerapkan teknik ini ? Simak ulasannya !

Pertama yang harus dilakukan untuk menerapkan teknik ini adalah mempersiapkan tugas yang akan dikerjakan dan menentukan lama waktu belajar yang akan digunakan.

Yang kedua kita harus mempersiapkan timer yang akan digunakan. Atur waktu 25 menit untuk belajar dengan jeda waktu 5-10 menit untuk beristirahat. Lakukan hingga 4 kali sesi (1 kali sesi adalah 25 menit belajar dan 5-10 menit istirahat) disarankan minimal 1 jam belajar. Jika materi yang dipelajari belum mencakup semua, maka lama belajar dapat disesuaikan. Pada intinya dalam teknik ini tetap menggunakan interval waktu belajar.

Yang ketiga setelah melakukan 4 kali sesi atau lama belajar yang disesuaikan istirahatlah 20-30 menit. Dan dapat diulang lagi untuk setiap sesinya. Selama belajar hindarilah gangguan apapun yang dapat menganggu konsentrasi. Kita diharuskan fokus pada hal yang dipelajari saja dan menghiraukan hal- hal lain.

Lakukan teknik ini dengan disiplin dan konsisten agar hasil yang didapatkan dapat maksimal. Selamat mencoba ! (NID)

 

Baca Juga :  Munas IKA UM 2019, Keluarkan Inovasi Berbasis Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *