Ciptakan Aplikasi Donor Darah hingga Sukses Dirikan Startup, Founder Reblood Berbagi Inspirasi!

Infokampus.news – Donor darah merupakan kegiatan sosial yang bermanfaat, terutama rumah sakit. Sayangnya, belum semua orang sadar pentingnya berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya. Hal ini membuat membuat rumah sakit sering kehabisan stok darah.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Leonika Sari Njoto Boedioetomo menggagas sebuah aplikasi donor darah bernama Reblood. Menurut lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu, tujuan membuat aplikasi ini, yakni agar tak ada lagi masyarakat yang kekurangan stok tranfusi darah saat mereka membutuhkan.

Baca Juga:

“Saya mikirnya, kenapa kita enggak bikin stok darah itu available?” ucapnya disitat dari laman ITS, Rabu (12/10/2016),

Perempuan yang akrab disama Leo tersebut menjelaskan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 2013 Indonesia kekurangan 2,4 juta kantong darah dan satu juta kantong pada 2014. Akhirnya, berbekal ilmu sistem informasi yang dimiliki, Leo membuat aplikasi bermisi kemanusiaan yang mengajak para penggunanya untuk kemudahaan donor darah.

“Setelah lulus, saya enggak mau kerja, maunya bikin startup,” sebutnya.

Perjalanannya dalam membangun startup pun tak mudah. Pasalnya, ketika mendirikan startup yang dulu bernama Bloobis (Blood Bank Information System) tersebut, dia sempat mengalami hal yang kurang menyenangkan.

“Pengalaman paling menyakitkan adalah ketika ditinggal tim. Mereka motivasinya salah semua,” tuturnya.

Menghadapi kendala-kendala tersebut, mahasiswa jurusan Sistem Informasi 2011 itu tak patah semangat. Hasilnya, Reblood akhirnya terealisasi pada awal 2015. Bahkan, startup ciptaannya sukses mendapatkan penghargaan, yaitu Incubated Startup from Start Surabaya Batch 1 dan Top 3 Startup Sprint by Start Surabaya di awal 2016.

“Kalau bikin karya itu jangan untuk kepentingan pribadi. Tapi untuk mengatasi masalah,” tandas perempuan yang sempat bercita-cita menjadi dokter tersebut. (FAM)

 

Sumber: ITS

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Tujuh Fakta Menarik Mahasiswa University of Oxford yang Jarang Diketahui!

University of Oxford menjadi salah satu kampus tersohor sekaligus terbaik di dunia. Tak heran, kampus ini menjadi almamater bagi banyak...

Close