Ciptakan Mesin Goyang Dupa Untuk Efektifitas Produksi

Infokampus.news, Malang Sentra industri memang sudah sangat meluas, ada banyak industri rumahan maupun pabrik yang memiliki produk-produk tepat guna yang memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Terkadang banyaknya permintaan pasar membuat industri kecil menengah sedikit kewalahan untuk melakukan produksi, baik partai maupun dalam jumlah kecil sering menjadi kendala dalam pelaksanaan produksi. Seiring berjalannya waktu yang diperlukan adalah efisiensi dan tentunya praktis, tidak membuang banyak tenaga dan waktu adalah sebuah terobosan yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Dra. Wahju Wulandari, MM dalam program pengabdian masyarakatnya tergerak untuk memberikan kemudahan atas kendala yang ada didalam masyarakat. Bersama masyarakat Desa Dalisodo yang mayoritas pelaku usaha dupa membuat terobosan baru untuk membuat mesin goyang dupa semi otomatis dan mesin pembuat dupa otomatis. Dengan tujuan memberikan kemudahan bagi para pelaku industri yang memang sangat memerlukan adanya inovasi untuk industrinya.

Dengan bantuan hibah Kemenristek Dikti untuk tahun pelaksanaan 2017, mesin goyang dupa dibuat untuk memberikan kesan efisiensi terhadap proses produksi, serta meningkatkan meningkatkan kualitas produk dupa di Desa Dalisodo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang tersebut.

Lebih Efektif, Hemat Tenaga dan Biaya

“Sebelumnya saya hanya bisa memproduksi maksimal 50 kg dupa per hari.  Dengan mesin ini,  saya mampu membuat 110 kg/hari. Kualitasnya lebih halus dan lebih seragam, ” ungkap Drs. Zainal Arifin selaku wakil penerima paket teknologi tepat guna (TTG).

“Kami berharap, mesin ini kemudian dimodifikasi sedemikian rupa oleh pelaku industri dupa yang berjumlah lebih dari 20 unit dan merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Malang. Dengan modifikasi ini, kami berharap harga teknologi ini menjadi lebih murah dan seluruh pelaku industri dupa dapat memilikinya. Harapan lebih lanjut, pasar dupa dari Kecamatan Wagir ini  semakin meluas, ” papar Dr. Sodik,  SE, MSi selaku anggota pelaksana sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi UWG Malang.

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sambangi Lokasi PIMNAS di Makassar, Rektor dan Dekan Beri Dukungan Kontingen UB Raih Juara Umum

infokampus.news - Bentuk dukungan juga ditunjukan Rektor UB  Prof. Dr. Ir. Mohmmad Bisri, MS beserta jajaran rektorat dan Dekanat Fakultas kepada...

Close