Community Meet Up Kenalkan Mahasiswa pada Musik Digital

Infokampus.newsSekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang menggelar Community Meet Up pada Jumat (20/4) lalu. Acara yang bertempat di Ruang A.2.3 STIKI ini merupakan lanjutan dari acara community meet up sebelumnya.

Digelar di waktu yang berbeda, tentunya agenda pada event kali ini berbeda pula. Jika sebelumnya acara ini memperkenalkan komunitas apa saja di STIKI Malang yang bisa menampung minat dan bakat, acara kali ini berisi 2 (dua) pembicara dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan juga prodi TI yang akan melakukan sharing seputar dunia informatika dan komputer.
Dua pembicara ini menyampaikan dua materi yang berbeda. Pada materi pertama, ilmu yang dibagikan oleh Andry Jumawal Firdaus dari DKV angkatan 2015 ini bertemakan “How to Compose Your Own Music”. Andry berbagi pengetahuan dan pengalamannya mengenai cara membuat komposisi musik yang baik menggunakan software Ableton Live 9. Dari yang disampaikan Andry mengenai olah musik digital ini, pertama-tama adalah kita setidaknya harus tahu not dalam musik barulah kita dapat membuat musik kita sendiri.

“Musik itu, gimana cara kita mengekspresikan diri kita menggunakan indera pendengaran,” tuturnya.

Mahasiswa yang pertama kali kenal musik dari SD dan mulai belajar software di masa SMP ini mulai merambah ke musik elektronik pada tahun 2014. Hasil karya otak-atik musik dan permainan software-nya sudah terpublikasi di platform musik mainstream Spotify dan YouTube. Rata-rata, proses kreatifnya membutuhkan waktu sedikitnya 1 hari atau 24 jam untuk 1 lagu penuh.

“Pertama buat musiknya dulu, terus baru di masukin ke record,” ungkapnya.

Di sini Andry juga mempraktikkan langsung cara membuat musik dan menghasilkan satu musik utuh. Ia juga berbagi berbagai tips untuk membuat musik yang cocok untuk keperluan komersial atau untuk sekadar dinikmati diri sendiri.

Di sesi kedua Community Meet Up ini, Go Frendi Gunawan, M.Kom. dari prodi TI membawakan materi dengan topik “Bring it to WWW”. Isi dari materi ini adalah memperkenalkan dunia IT lebih dalam dan apa saja yang bisa dilakukan dengan menggunakan IT. (okt/him)

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Anti Narkoba
Penggiat Anti Narkoba Kota Malang Harus Berkarakter Kuat Dan Baik

Stigma negatif yang melekat pada penggiat anti narkoba seperti sebagian anggotanya adalah mantan pengguna narkoba, kumpulan anggota ormas yang berlambang...

Close