Cuma Mahasiswa Yang Bisa Tolong Masyarakat Desa, Ini Paparan Erani Yustika

Infokampus.news, Malang – Erani Yustika mengungkapkan pendapatnya dalam seminar yang digelar di gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) hari ini (27/11). Ia menyampaikan harapannya pada para mahasiswa dan juga Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan sebut perguruan tinggi merupakan pemasok pengetahuan.
“Sebenarnya di desa itu dana besar tapi masyarakatnya tidak ada gambaran atau angan-angan harus dipakai apa. Nah disini peran PT dan mahasiswanya diperlukan,” tukas dosen UB ini.
Saat ini PT dan mahasiswa harus aktif memberikan pendampingan dan juga KKN. Selain pemerintah mendorong terjadinya 2 hal tersebut, sekitar 100 lebih PT di Indonesia sudah digandeng salah satu kementrian untuk mendampingi banyak desa.
“Sekarang juga kami sudah programkan satu desa satu pendampingan jadi hampir semua desa saat ini ada pendampingnya.” Tambahnya lagi.
Menurutnya memang infrastruktur juga penting dalam upaya membangun ekonomi desa, namun pendampingan dari segi pemikiran ini saat ini jauh lebih dibutuhkan ketimbang pembangunan infrastruktur. “Ini yang paling urgen jangan sampai mereka punya dana tapi stuck karena tidak tahu harus diapakan,” tukasnya.
Salah satu kampus yang juga sudah concern terhadap peningkatan kwalitas ekonomi dan sosial masyarakat pedesaan adalah Unisma. Rektor sendiri saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu mengungkapkan Unisma sudah turut berkontribusi dalam pengembangan ekonomis masyarakat desa dengan KKN maupun pendampingan masyarakat desa. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Hampir di Penghujung Tahun, Bakesbangpol Gandeng Unikama Tetap Serius Perangi Radikalisme

Mahasiswa harus secara terus menerus diingatkan dan ditumbuhkan lagi jiwa belanegaranya sehingga jika sewaktu waktu paham radikalisme bertamu, pemuda sudah...

Close