CV Berbahasa Inggris Lebih Dipertimbangkan Perusahaan? ini Kata Pakar HRD

INFOKAMPUS.NEWSCurriculum Vitae (CV) merupakan syarat utama bagi seseorang melamar pekerjaan. CV berisi mengenai daftar riwayat hidup atau gambaran diri yang dimiliki pelamar kerja.

Ada dua jenis CV yang digunakan, yakni menggunakan bahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. banyak pula pelamar kerja yang biasanya menyiapkan CV dalam dua versi bahasa tersebut.  banyak tanggapan jika menggunakan bahasa Inggris memiliki poin plus? benarkah demikian?

Pakar Career Development, Audi Lumbantoruan menanggapi hal tersebut. beliau mengakui memang banyak perusahaan yang melihat nilai lebih pada CV yang disajikan dalam Bahasa Inggris.

“Kalau melihat dari semangatnya, menjual diri, membuat CV untuk menjual kemampuan, banyak perusahaan lebih menyukai CV Bahasa Inggris. Ini jadi seperti representatif bagi pelamar kerja, bukan berarti CV Bahasa Indonesia tidak lebih baik. boleh-boleh saja, kembali lagi pada isi yang ada di CV itu sendiri.” Terang Audi.

Baik menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam pembuatan CV. sebagai personifikasi, memasarkan keahlian dan pencapaian yang bisa dijual pelamar kerja kepada perusahaan. sehingga, CV perlu ditulis dalam bahasa yang efektif dan tak bertele-tele.

Baca Juga :  Agroekoteknologi UB Punya Kuota Terbanyak di SNMPTN 2021, Ini Ulasannya

“Ketika mau lamar kerja, buat CV jangan terlalu banyak menjual diri. Misalnya fokus saja pada konteks pendidikan terakhir, pengalaman, jual apa saja keberhasilan yang sudah dilakukan selama ini, dan informasi penting lainnya. Catatan lagi, CV kalau bisa tak boleh lebih dari tiga halaman,” ungkap Audi.

Perusahaan bisa melihat kompetensi dan pencapaian yang dimiliki serta bisa mendapatkan kesan pertama dari calon karyawannya. beberapa perusahaan saat ini, hanya membutuhkan CV mengesampingkan dokumen lain ketika membuka lowongan pekerjaan.  (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *