Daftar 6 Universitas Terbaik di Jerman yang Perlu Kamu Ketahui!

Infokampus.news – Halo Sobat Fokus siapa nih yang berminat kuliah di Jerman? Kali ini infokampus.news akan membahas daftar 6 universitas terbaik di jerman yang perlu Sobat ketahui. Siapapun pasti mengagumi keindahan negara Jerman. Kota yang rapih, unik, bersejarah serta produktif ini merupakan negara yang banyak sekali dikunjungi wisatawan. Selain menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata, Jerman juga memiliki kelebihan dalam dunia pendidikannya.

Berikut informasi selengkapnya 6 Universitas Terbaik di Jerman!

6 Universitas Terbaik di Jerman
1. Heidelberg University
Heidelberg University merupakan universitas tertua di Jerman yang berlokasi di Heidelberg, Baden-Württemberg. Universitas ini didirikan pada tahun 1386 dan saat ini memiliki 12 fakultas dan sekitar 100 disiplin ilmu di tingkat Sarjana, Magister dan Doktor. Universitas ini memiliki lebih dari 30 ribu mahasiswa dan lebih dari 5 ribu dosen dan peneliti, yang 450 diantaranya bergelar profesor. Heidelberg University juga telah bekerja sama dengan sekitar 13 pusat penelitian dan pembelajaran, baik di sekitar kampus maupun di seluruh dunia. Lulusan maupun dosen dari Heidelberg University ini banyak yang telah menjadi pionir filsafat, penyair, teologian, ahli ilmu alam dan ilmu sosial. Banyak diantaranya juga merupakan penggerak di bidang pendidikan. Heidelberg University juga terhubung dengan 55 peraih Penghargaan Nobel, 18 perah Penghargaan Leibniz dan 2 peraih Penghargaan Oscar.
2. Technische Universität München
Universitas yang dalam bahasa inggris disebut Munchen Technical University ini merupakan universitas yang berlokasi di Munich, Freising-Weihenstephan dan Garching. Universitas ini merupakan salah satu anggota TU9. TU9 ini sendiri adalah kumpulan dari 9 universitas yang terbaik, tertua dan terbesar di seluruh Jerman yang memiliki fokus pendidikan di bidang teknologi dan teknik. Setidaknya di dalam kampus ini terdapat 23 ribu mahasiswa tingkat Sarjana dan Pascasarjana, 9 ribu anggota staff dan 500 profesor. Di Munchen Technical University sendiri memiliki 13 fakultas dan merupakan salah satu universitas yang berfokus di bidang penelitian di tingkat Eropa. Universitas ini memiliki ikatan dengan sedikitnya 10 lembaga riset. Universitas ini memliki 13 orang peraih Penghargaan Nobel di berbagai bidang.
3. Ludwig Maximilian University of Munich
Universitas yang berlokasi di Munchen ini juga termasuk salah satu yang tertua di Jerman. Gedung utama Universitas ini terletak di Geschwister-Scholl-Platz, namun kampusnya tersebar di seluruh Munich. Ludwig Maximilian University ini memiliki 18 fakultas dalam berbagai disiplin ilmu seperti Fakultas Ekonomi, Teologi, Ilmu Sosial dan lain-lain. Kampus ini juga sedikitnya memiliki 5 pusat penelitian yang terikat dengannya. Universitas ini juga menjadi basis oleh kelompok anti Nazi, White Rose. Kurang lebih ada 45 ribu mahasiswa belajar di sini. Kampus ini memiliki hubungan dengan 34 peraih Penghargaan Nobel.
4. University of Freiburg
University of Freiburg atau nama lengkap kampus ini, Albert Ludwig University of Freiburg adalah universitas yang bertempat di  Freiburg im Breisgau, Baden-Württemberg. Universitas ini adalah universitas yang dikenal dengan pendidikannya dalam  bidang Humaniora, Ilmu Alam dan Ilmu Sosial. Universitas ini memiliki 11 fakultas. Universitas ini memiliki 3 kampus yaitu pusat universitas, kuarter institut dan kampus teknik. Selain 3 kampus tersebut, kampus dari Universty of Freiburg ini tersebar di seluruh kota Freiburg. Sekurang-kurangnya ada 21 ribu mahasiswa yang belajar di kampus ini yang sekitar 16 persennya merupakan mahasiswa internasional. University of Freiburg menerapkan sistem yang ramah lingkungan melalui kelompok Sustainable University of Freiburg dan di kampus ini juga terdapat Solar-Uni Freiburg yang dibuat dengan tujuan untuk keberlangsungan lingkungan dan selain itu juga digunakan untuk penelitian. Sebanyak 12 institut lokal juga bekerja sama dengan University of Freiburg. Beberapa afiliasi dari University of Freiburg juga merupakan peraih Penghargaan Nobel dan Leibiniz.
5. Free University of Berlin
Seperti yang tertera di namanya, universitas ini bertempat di jantung negara Jerman. Universitas ini dikenal di bidang penelitian Humaniora dan Ilmu Sosial, walaupun di bidang Ilmu Alam dan hayatinya juga tidak kalah. Lokasi kampus ini sendiri sebagian besar berada di taman residen di Dahlem, baratdaya Kota Berlin. Universitas ini memiliki perpustakaan dengan inventori sebanyak 2,5 juta volume dan lebih dari 25 ribu jurnal di perpustakaan pusat. Ditambah dengan 49 perpustakaan di institutnya, perpustakaan Free University of Berlin merupakan yang paling besar di Jerman. Di kampus ini tersedia 12 fakultas dan memiliki kerja sama dengan sekitar 11 pusat penelitian. Sama seperti kampus-kampus besar lain di Jerman, Free University of Berlin memiliki ikatan dengan beberapa peraih Penghargaan Nobel dan Leibniz.
6. Karlsruhe Institute of Technology
Universitas yang juga merupakan anggota TU9 ini berlokasi di Karslruhe, Baden-Württemberg yang merupakan tempat bagi beberapa universitas-universitas besar di Jerman. KIT ini baru berdiri di tahun 2009, dimana ketika University of Karlsruhe bergabung dengan Karlsruhe Research Centre. Universitas ini memiliki 11 fakultas. Di dalam universitas ini juga terdapat Centre of Innovation and Entrepeneurship yang merupakan wadah untuk para mahasiswa, dosen serta staff yang ingin memulai dirinya untuk menjadi pengusaha. Atas inisiasinya, melalui Centre of Innovation and Entrepeneuship membuat Menteri Federal Ekonomi dan Teknologi Jerman serta European Social Fund turut menyumbangkan dananya disini. Kampus ini juga memiliki ikatan dengan beberapa orang yang meraih Penghargaan Nobel.
Demikian informasi 6 universitas terbaik di Jerman. Bagaimana, apakah Sobat tertarik untuk mendaftar ke salah satu kampus di atas? Jika iya segera cari informasi profil kampus tersebut dan tata cara pendaftarannya. Semoga bermanfaat! (fam)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Akhirnya UM Resmikan Graha Rektorat (GraRek) Baru, Rektorat Lama Tenyata Untuk Ini!

Hari Rabu ini (18/10) UM resmikan graha rektorat (GraRek) yang baru saja usai dikerjakan beberapa waktu lalu. Gedung yang

Close