Daftar CPNS Lemot? Berikut ini Pemaparan BKN Berikan Tips dan Solusi

Infokampus.news – Pembukaan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di link sscn.bkn.go.id telah dibuka sejak tanggal 26 September 2018. Memasuki hari kedua pendaftaran, masih banyak pelamar mengeluhkan lemot saat akses. Berikut ini infokampus beri solusinya.

Sebenarnya dari pihak penyelenggara sudah mengantisipasi masalah teknis pada laman sscn.bkn.go.id, dengan memperbarui infrastruktur yang lebih memadai. Salah satunya dalah mengupdate server agar tidak tumbang saat banyak pendaftar mengakses laman sscn.bkn.go.id.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan menyarankan agar pengakses laman sscn.bkn.go.id di saat waktu tidak terjadi lonjakan pengakses.

“Memang ini load-nya dinamik ya, karena itu, kita katakan berlomba. Memang dimana-mana sistem online begitu. Prinsipnya pasti bisa asalkan pakai internet koneksi stabil dan kita sarankan pakai laptop atau desktop,” ujar Ridwan di Kantornya Rabu 26/9).

“perbaikan infrastruktur sudah ada, peningkatan bandwidth sudah ada, kemudian mekanisme berapa banyak visual mesin server juga sudah bertambah dengan kapasitas yang kami prediksi 6-10 juta pelamar,” Jelasnya.

Ridwan memberikan solusi untuk kendala gagal sistem seperti yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat diantaranya mengakses pada jam setengah 5, karena jika dilihat traffic masyarakat berbondong-bondong mengakses pada jam 12.00 sampai 15.00.nah jam setengah 5 sampai jam setengah 7 justru overflow, ungkapnya.

Baca Juga :  Ini Dia 8 PTN Terbaik di Jatim, Kampusmu Salah Satunya

Maka dari itu, bagi pelamar CPNS yang ingin agar lancar mengakses laman sscn.bkn.go.id disarankan untuk melakukan visit pada jam 3 dini hari hingga 6 dini hari. Hal ini tampaknya sangat efektif bagi kamu yang berencana akan mendaftar diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dilansir memlaui laman Nextren, jumlah pengguna internet yang mengakses situs SSCN sebenarnya tidak terlalu banyak yakni berkisar sekitar 320 ribu per hari. Menurut pengamat sains dan teknologi bernama Budy mencoba menganalisis hal ini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah menetapkan baha pendaftaran CPNS 2018 hanya boleh dilakukan melalui situs resmi BKN, nah seharusnya BKN menyadari bahwa sistem emreka akan di[akai dan diakses jutaan pelamar dari seluruh Indonesia. Hal yang harus dilakukan pihak BKN yakni memepersiapkan sistem yang handal untuk meminimalisit eprmasalahan seperti terjadinya eror dan sebagainya.  (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *