Daftar SBMPTN 2016, Ini 7 Jurusan Soshum Paling Diincar

Saat ini, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah dibuka. Calon peserta bisa mulai mendaftarkan diri dan memilih kampus beserta jurusan yang diminati. Bagi siswa IPS, terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih dengan mengikuti SBMPTN kelompok sosial dan hunaniora (soshum). Sedangkan bagi siswa IPA harus mengikuti kelompok ujian campuran.

Khusus untuk kelompok soshum, terdapat beberapa jurusan yang selalu menjadi favorit sepanjang masa. Padahal, untuk bisa lolos persaingannya cukup sulit dan ketat. Berikut rangkuman jurusan-jurusan tersebut.

1. Bisnis dan Manajemen

7-Bisnis

Program studi bisnis dan manajemen saat ini sedang naik daun. Sebab, jurusan ini dibutuhkan hampir di semua perusahaan. Bahkan, lulusan dari jurusan ini berkesempatan mampu membuka bisnis sendiri dengan bekal ilmu yang dimilikinya.

Tahun lalu, ratusan ribu peserta mendaftar prodi ini, baik melalui SBMPTN maupun jalur lainnya. Jadi, akan menjadi tantangan tersendiri bagi peminat untuk tembus di jurusan ini meskipun banyak universitas yang menawarkan program studi bisnis dan manajemen.

2. Akuntansi

7-Akuntansi

Jurusan akuntansi selalu menduduki posisi teratas dalam daftar passing grade kelompok soshum di perguruan tinggi se-Indonesia. Jurusan ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan. Pasalnya, setiap perusahaan dari yang kecil hingga besar pasti butuh pegawai akuntan untuk mengurus masalah keuangan. Program studi ini setiap tahunnya selalu masuk jurusan favorit di berbagai jalur masuk PTN.

3. Ilmu komunikasi

7-Komunikasi

Ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang luas. Di jurusan ini, skill komunikasi mahasiswa akan diasah, baik dalam hal berbicara di depan umum hingga bernegosiasi dengan pihak lain. Dengan modal tersebut, lulusan komunikasi mampu bekerja dan beradaptasi di berbagai sektor. Dengan peminat yang tinggi sepanjang tahun, artinya persaingan untuk lolos jurusan komunikasi di PTN favorit akan semakin ketat.

4. Hukum

7-Hukum

Hukum menjadi salah satu jurusan dengan prestise tinggi di kalangan mahasiswa sosial. Padahal, kuliah di jurusan ini tidaklah mudah. Para mahasiswa jurusan hukum harus paham dan hafal berbagai undang-undang beserta teori-teori tentang hukum. Kendati demikian, hal tersebut terbayar dengan prospek kerja yang menjanjikan di masa datang, seperti pengacara, notaris, atau staf legal.

5. Psikologi

7-Psikologi

Mahasiswa jurusan psikologi harus mampu menganalisis perilaku mental manusia. Meski mempelajari tindakan manusia cukup kompleks, jurusan ini tak pernah sepi peminat. Jurusan psikologi banyak tersedia di berbagai PTN di Tanah Air. Namun dengan kuota terbatas dan peminat tinggi, tentu kampus hanya akan memerima kandidat terbaik.

6. Sastra Inggris

7-Sastra

Di setiap perusahaan, pasti ada yang salah satu pegawainya lulusan sastra Inggris. Artinya, alumni dari jurusan ini mampu bekerja di berbagai bidang. Kemampuan bahasa Inggris memang menjadi modal utama di dunia kerja saat ini. Sehingga, jurusan saatra Inggris pun kian diminati, apalagi di kampus negeri favorit, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

7. Hubungan internasional

7-HI

Hubungan internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan. Dengan begitu, sudah pasti jurusan ini sulit dan butuh standar tinggi bagi mahasiswa yang ingin lolos melalui SBMPTN. Apalagi, peminat jurusan ini cukup tinggi, terutama di kalangan kelompok soshum.

Itulah daftar jurusan-jurusan soshum paling favorit pada SBMPTN 2016, bagi kamu yang merasa bahwa ada jurusan pilihanmu yang masuk di jajaran ini selamat berjuang ya! (FA)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
SBMPTN 2016
ITB Siap Terima 1499 CaMaBa SBMPTN 2016

Kali ini, panitia SBMPTN 2016 tidak hanya menyelenggarakan Ujian Tertulis dengan metode Paper Based Testing (PBT) saja, tetapi ada yang...

Close