Dapat Banyak Makanan Kaleng Jelang Lebaran, Jangan Konsumsi Semuanya Perhatikan Hal Ini!

Infokampus.news – Dikala jelang lebaran seperti ini, pasti banyak ya dari sahabat Fokus atau keluarga di rumah yang mendapatkan banyak makanan kaleng dari parsel. Nah, kali ini tim infokampus.news akan membahas sedikit nih tentang beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengkonsumsi banyak makanan kaleng.

Kali ini tim infokampus.news berkesempatan untuk berbincang santai dengan salah seorang ahli gizi yakni dosen Universitas Brawijaya, Dr. Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes. tentang banyaknya hal yang patut kita cermati sebelum menghabiskan semua makanan kaleng hadiah jelang lebaran.

1.Makanan Kaleng Selalu Memiliki Bahan Pengawet Yang Terkandung di Dalamnya

Ibu Dewanti menjelaskan dalam makanan kaleng pasti terdapat bahan pengawet yang tidak ramah untuk metabolisme tubuh kita. “Diantara proses pengalengan ya jelas dilakukan pengemasan dan pengawetan untuk memperpanjang daya simpan salah satunya menambahkan nitrit atau natrium misal dalam daging kaleng ya seperti kornet. Lalu ditambah garam, nah ini sangat buruk untuk peredaran darah bisa menyebabkan hipertensi itu jangka pendeknya,” ujarnya.

2.Makanan Kaleng Melalui Proses Pemanasan Suhu Tinggi, Gizi Hilang Terutama Vitamin C Untuk Hampir Semua Makanan

Ternyata makanan kaleng itu hampir semuanya telah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi meskipun dalam jangka waktu singkat. Nah, proses ini ternyata menghilangkan banyak vitamin dan kandungan yang terdapat dalam makanan kaleng, jadi kalian hampir tidak mendapatkan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan ini.

“Sebagian besar menurunkan vitamin C karena vitamin ini tidak tahan suhu panas.” Tambah dia.

3.Perendaman Dalam Minyak Dengan Jumlah Tidak Wajar

Ini lebih ngeri, ternyata dalam olahan makanan tuna, pabrik akan merendam ikan dalam minyak yang sangat banyak. Kebayang tidak, bagaimana kolesterolnya setelah masuk ke dalam tubuh?

“Tuna direndam minyak sangat banyak, jadi perlu waspada. Minyaknya itu terlihat sedikit, tapi kan itu direndam dengan minyak jadi kalau dilihat secara kasat mata tidak tampak, namu sebenarnya sangat banyak.” Imbuh dia.

Mulai sekarang lebih selektif dalam memilih menu makanan ya, jangan hanya karena banyak makanan kaleng menumpuk dari hadiah lebaran membuat kita terlena. Tapi kamu juga bisa kok mengkonsumsi makanan kaleng diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur segar dalam porsi yang sama. Selain itu kamu juga harus memperbanyak olahraga jika asupan makanan kaleng kamu sangat banyak.

Nah, bagaimana apa informasi di atas cukup membuka wawasan kamu tentang kandungan makanan kaleng? Semoga bermanfaat ya, memang makanan kaleng tidak buruk namun jika ada pilihan makanan segar kenapa harus makan makanan kaleng. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini 5 Tips Perjalanan Aman Mudik Pakai Sepeda Motor yang Wajib Kamu Ketahui!

Meskipun banyak program mudik gratis yang disediakan, tetapi minat masyarakat untuk mudik menggunakan motor tidak surut.

Close