Dapat Beasiswa, Mahasiswa Ini Ciptakan Beragam Inovasi

Infokampus.news – Diberi kesempatan kuliah gratis melalui beasiswa Bidikmisi tak membuat Muhammad Nur Azis besar kepala. Sebaliknya, mahasiswa ini ciptakan beragam inovasi.

Menurutnya, berprestasi menjadi cara untuk balas jasa terhadap kesempatannya mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Brawijaya (UB).

“Saya sadar tidak semua siswa bisa mendapatkan kesempatan seperti ini. Bagi saya Bidikmisi merupakan rezeki dari Allah SWT yang harus disyukuri dengan cara memanfaatkannya semaksimal mungkin,” sebutnya disitat dari laman UB, Rabu (5/10/2016).

Selama kuliah di jurusan Teknik Mesin, Azis menciptakan beberapa karya, seperti Jaket Anti Ngantuk SIJAR dan Tas Cerdas untuk Penderita Asma SANBAV. Dia mengaku, memiliki motivasi membuat alat-alat bermanfaat lantaran terinspirasi dari mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohamad Nuh.

Baca Juga:

“Pesan beliau generasi muda adalah penentu nasib bangsa. Dari situ kami berusaha berbuat sebanyak mungkin untuk memajukan dan menyejahterakan bangsa,” tuturnya.

Tak main-main, jaket anti ngantuk SIJAR pernah mendapat medali emas pada kompetisi The 3rd Internasional Innovation Design and Articulation (i-IDeA) 2016 di Malaysia. Sedangkan tas cerdas untuk penderita asma SANBAV menjadi program kreativitas mahasiswa (PKM) yang didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Selain rajin menciptakan inovasi, Azis juga aktif mengembangkan mobil dengan energi rekasi kimia Chem-E-Car berkolaborasi dengan mahasiswa dari Jurusan Teknik Kimia. Bahkan pada kompetisi Chem-E-Cardi Australia, Azis turut menyumbang peran sehingga kampusnya mendapat peringkat keempat.

Atas prestasi tersebut, alumnus MA Assalam Jambewangi, Kabupaten Blitar itu merasa sangat bersyukur. Pasalnya, sebelumnya dia tak pernah berpikir untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Kala itu, imbuh Azis, salah satu guru melihat potensinya untuk mengembangkan kemampuan di bidang Iptek.

“Sehingga secara sukarela saya didaftarkan kuliah oleh guru pendidik melalui jalur Bidikmisi,” kenangnya.

Baginya, kesempatan kuliah dan kesuksesannya selama studi tidaklah lepas dari perjuangan dan kerja keras. Setelah lulus kuliah, Azis pun ingin kembali melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya, dan menjadi entrepeneur sukses dengan produk yang mengedepankan teknologi.

“Tujuan utama saya adalah menjadi orang yang berhasil dan sukses kemudian dapat menjadi contoh bagi adik-adik saya, khususnya adik-adik kelas di SMA,” tandasnya. (FA)

 

Sumber: Prasetya UB

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kini Ada Alat yang Bisa Deteksi Banjir Lewat Smartphone, Penasaran?

Berangkat dari persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa ITS menciptakan sebuah alat yang bisa deteksi banjir lewat smartphone.

Close