Dari Juara Debat Sampai Raih Beasiswa Ke Spanyol, Yuk Simak Cerita Inspiratif Bayu Dharmala Mahasiswa Berprestasi UMM

Infokampus.news, Malang – Menjadi mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan di kampus memang menghasilkan banyak hal postifi. Tengok saja cerita Bayu Dharmala, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dirinya terkenal aktif terlibat di berbagai kegiatan kampus. Tercatat dirinya memiliki beberapa prestasi seperti menjuarai ESP Open Debate Championship 2014 serta Maliki National Debate Tournament 2015 dan 2016. Sukses dalam bidang akademis maupun non akademis tersebut dirasakan karena dirinyaa kerap aktif dalam kegiatan kampus.

Selain itu, Bayu juga berhasil lolos beasiswa pertukaran Erasmus+ di University of Murcia, Spanyol. Selama enam bulan belajar Linguistics and Literature di Murcia, Bayu banyak mendapat pengalaman dan tantangan baru lantaran perbedaan sistem pendidikan antara Indonesia dan Spanyol. Tak lama setelah kembali dari Spanyol, Bayu pun lulus dan diwisuda (25/11) dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,97.

Bayu Aktif IKuti Organisasi Mahasiswa di UMM

Di UMM sendiri Bayu aktf mengikuti beberapa organisasi seperti, International Language Forum (ILF) sebagai anggota dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris sebagai wakil ketua. Tak hanya itu, secara bersamaan ia pun aktif mengajar di sejumlah lembaga pendidikan di kota Malang, baik itu di SD, SMA maupun lembaga bimbingan belajar. Di jurusannya pun, yaitu program studi Bahasa Inggris UMM, Bayu memiliki pengalaman sebagai mentor mahasiswa semester dua.

“Belajar di kelas menambah ilmu dan pengetahuan. Sedangkan ikut organisasi bisa meningkatkan skill manajemen waktu. Selain itu juga bisa bertemu banyak orang dengan berbagai karakter dan latar belakang yang tidak didapatkan di kelas,” ujar Bayu.

Segala Kesuksesan Tak Luput Berkat Keja Keras dan Doa Orang Tua

Sementara itu selama di Spanyol, Bayu mengaku berusaha ekstra keras karena di sana kuliahnya tidak hanya teori di kelas, tapi juga ada praktik. Dalam satu minggu, ada empat mata kuliah yang diambil sehingga ada empat praktik yang harus dikerjakan. “Aku sering ke dosen untuk dijelaskan ulang kalau ada materi yang kurang paham, juga pinjam buku-buku di perpustakaan,” Paparnya

Bagi Bayu Dharmala, segala kesuksesannya itu tak lepas dari doa orang tuanya. “Orang tua selalu memberi wejangan agar bisa go international. Motivasi melakukan semua ini ya untuk orang tua, untuk membahagiakan mereka,” tutup mahasiswa asal Pasuruan ini. (uch)

Sumber : Humas UMM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mahasiswa Unair Ini Raih Dua Penghargaan dalam Pertemuan Mahasiswa Peduli Kependudukan

Dua Mahasiswa UNAIR berkesempatan mendapatkan dua penghargaan, yaitu Mega Widya Puspa Ningrum dan Hevi Yonvia Umarta Harmaheni

Close