Daripada Dibuang Sembarangan, Dosen Universitas Wisnuwardhana Malang Ini dampingi Warga Desa Kemantren Olah Sampah Jadi Seperti Ini!

Infokampus.news, Malang – Tiga dosen Universitas Wisnuwardhana Malang (UNIDHA) yakni Dr. Abdul hamid M.Pd, Erna Atiwijaya Esti SE., MM., Dr. Nurul Muddarisma melihat peluang lain dari banyaknya sampah yang ada di kecamatan Jabung, kabupaten Malang. Namun setelah melakukan survey, masyarakat rupanya tidak mengetahui bagaimana cara mengolah sampah dan juga tidak ada bank sampah di daerah tersebut.
“Lalu kami dengan Program Kemitraan Masyarakat Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, malang mencoba menginisiasi lingkungan bersih dan bagaimana caranya agar sampah ini bernilai ekonomis” Ungkap Abdul pada watawan.
Pada awalnya masyarakat didampingi untuk memilah dulu sampah organik dan sampah non-organik. Dalam program yang ia susun ada 2 tindakan yang harus dilakukan pemilahan sampah.
“Sampah organik dijadikan pupuk kompos dan non organik dijadikan souvenir, tas, tempat tissue, dan banyak lagi supaya tidak terbuang percuma.” Tambahnya
Mengolah sampah menjadi kerajinan memang terhitung cukup rumit, namun harga yang dibanderol tidak terlalu mahal lho. Karena tentu saja bahan bakunya gratis.
“Selain itu kami menginisiasi juga agar di desa supaya ada bank sampah, rencana sudah ada tinggal melaksanakan saja. Nanti akan ada pengepul sampah, ditimbang lalu akan dihargai berapa begitu.” Paparnya lagi.
Sasaran dari programnya adalah ibu-ibu PKK untuk kerajinan tangan dari sampah ini. Sedangkan untuk pupuk kompos, sasarannya adalah kelompok tani.
“Kami datangkan juga pelatih kerajinan Evidah Hartati, yakni juara 3 se-Malang raya kategori ibu kreatif untuk seni pembuatan tas dan dompetnya.” Ungkapnya.
Kedepannya pihaknya akan terus mendampingi masyarakat untuk memasarkan hasil kerajinan dari sampah ini. Selain itu pihaknya juga ingin lebih memaksimalkan produksi pupuk organik dari masyarakat lokal kemantren, karena sebagian dari sampah organik yang digunakan membuat pupuk sesekali masih membeli dari bank sampah di cemoro kandang. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Keluarga Sehat Ampelgading
Mahasiswa KKN UNIKAMA, Wujudkan Keluarga Sehat di Desa Ampelgading

Infokampus.news - Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dilakukan di Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten

Close