Daya Saing Inovasi Indonesia Masih Rendah, Ristek Dikti Galakan Pemanfaatan Program Sumber Daya Manusia

­Infokampus.news, Malang – Sabtu (26/08) dalam rangka memperingati dies natalis ke-1 badan usaha akademik dan dies natalis ke-55 Universitas Brawijaya bersama mengajak PTN se-Indonesia untuk membahas mengenai Tantangan dan Peluang Penguatan Inovasi dan Hilirisasi Riset.

Sarasehan Nasional 2017 mengenai pengelola usaha akademik PTN BLU se-Indonesia ini diikuti oleh 44 Perguruan Tinggi Negeri. Lebih dari 100 orang dari setiap perwakilan Perguruan Tinggi Negeri membahas mengenai pemanfaatan SDM dan SDA yang ada di Indonesia untuk dijadikan usaha akademik yang inovatif sebagai salah satu kontribusi kepada Negara.

Dr. Ir. Jumain Appe, Msi selaku Dirjen Penguatan Inovasi menyampaikan masih banyak kritikan pemanfaatan sumber daya yang kurang maksimal. Sebagian besar nilai tambah sumber daya masih sangat kecil, perlu banyak pemanfaatan yang maksimal untuk sumber daya.

3 Program Penguatan Inovasi Untuk Pemanfaatan Program Sumber Daya Manusia

“Ada 3 program penguatan inovasi nasional Kemenristek Dikti, yakni regulating, executing, empowering,” ungkapnya.

“Untuk regulating yang dimaksud mobility itu peneliti/ perekayasa/ dosen ke Industri, akan ada reward bagi mereka melalui angka kredit. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap PTN untuk menghasilkan produk inovasi setiap tahunnya,” tegasnya.

“Ada 4 poin fasilitas pendanaan inovasi, yang pertama penerapan teknologi di Industri, Inovasi PT, perusahaan pemula berbasis teknologi dan Inkubasi bisnis teknologi,” pungkasnya.

“Untuk program executing perlu ada pengembangan konsorsium inovasi, pengembangan wahana interaksi ABG industri (STP, klaster inovasi),” jelasnya.

“Dan terakhir empowering, harus ada pengembangan/ penguatan unit-unit intermediasi/ technology transfer office – TTO dan regionalisasi inovasi PT,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FIP UM Sharing Isu Tantangan dan Perkembangan Nasional dan Global dalam Konferensi Internasional Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan di Indonesia harus selalu mengikuti perkembangan dan perubahan zaman yang terus melaju sangat pesat. Salah satu upaya untuk...

Close