Dekan FT UWG Malang : Jadi Dosen Harus Produktif Menulis

Infokampus.news, MalangMengukur kompetensi dosen tidak hanya dari kemampuannya menjadi seorang pendidik, selain itu dosen memiliki kewajiban lain untuk melakukan publikasi jurnal baik nasional maupun internasional dan penulisan karya yang dibukukan dan diterbitkan oleh penerbit. Fakultas Teknik UWG Malang bekerjasama dengan Intrans Publishing melakukan workshop dan sosialisasi mengenai penulisan karya hingga dapat terbitkan.

“Pengawalan dilakukan selama 3 bulan, paling tidak dosen-dosen disini sudah mempersiapkan outline dan materi. Selanjutnya Intrans Publishing akan melakukan pendampingan dengan mempelajari karakter penulisan, pembuatan kerangka, penulisan isi hingga penerbitan,” ungkap Dr. Ir. Fachrudin, MT. selaku dekan Fakultas Teknik UWG Malang.

“Saya nilai dosen-dosen di Fakultas Teknik ini memiliki potensi yang bagus dalam hal publikasi jurnal, baik jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindex scopus. Untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi, sudah seharusnya dosen produktif dalam menulis. Ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dapat dituangkan dalam karya tulis yang dibukukan agar lebih bermanfaat dan sekaligus dapat menjadi arsip berupa luaran,” jelasnya.

Dosen Kompeten Karena Produktif Menulis

“Menjadi dosen itu harus serius, jangan terlalu mengejar sertifikat. Kita harus lebih aktif, inovatif dan produktif dalam mempublikasikan pengetahuan yang sudah dimiliki agar nantinya dapat menjadi pembelajaran bagi orang lain,” imbuhnya.

Pengetahuan seorang dosen dapat dituangkan melalui tulisan, semakin banyak tulisan yang dipublikasikan menunjukkan dosen tersebut dapat dikatakan kompeten, karena telah menjadi bahan rujukan atau referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dituangkan dalam buku sebagai medianya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UWG Malang Perluas Kerjasama Internasional di Taiwan

Rabu (23/08) Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS selaku Rektor UWG Malang melakukan kunjungan ke National Pingtung University of Sciencel...

Close