Delapan Jurusan SBMPTN yang Relevan Bagi Siswa SMK

Infokampus.news – Kualitas sebuah fakultas atau jurusan dapat diimbangi dengan potensi mahasiswanya. Menjelang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negerih SNMPTN, banyak siswa SMK masih bingung memilih jurusan dan kampus yang sesuai dengan kemampuannya dimasa Sekolah Menengah Kejuruan. Menurut Humas Universitas Indonesia, Riffely Astuti. “Siswa SMK dapat memilih jurusan yang relevan dengan bidangnya di sekolah,” ujar Riffely.
Meski demikian, ada banyak jurusan dalam Saintek maupun Soshum terdapat di perguruan tinggi negeri di Indonesia yang dapat dijadikan pilihan siswa dari sekolah kejuruan. Berikut delapan jurusan SBMPTN bagi siswa SMK dan menjadi favorit di tahun 2016 lalu.

1. Teknik Informatika atau Komputer

Jurusan Teknik Informatika atau Komputer cukup sering menempati posisi teratas untuk jurusan terfavorit di SNMPTN maupun SBMPTN. Hal ini tidak mengherankan karena zaman sekarang merupakan era teknologi, sehingga banyak mahasiswa baru yang tertarik dengan bidang informatika. Jurusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang cukup baik dan pilihan profesi yang beragam.

2. Manajemen

Dibidang Soshum, jurusan Manajemen merupakan jurusan yag paling penting. Peluang karir yang dari jurusan Manajemen sangat luas dan beragam, di antaranya wirausahawan, pengelola usaha, konsultan manajemen dan bisnis, manajer atau konsultan pemasaran, manajer keuangan.

3. Farmasi

Bukan hanya perusahaan maupun industri yang dapat meningkat di Indonesia, pada jurusan farmasi sudah mengalami perkembangan pesat. Pekerjaanya pun cukup luas, seperti apoteker sampai pegawai perusahaan nasional atau asing.

4. Komunikasi

Tidak hanya di PTN, PTS pun menerima banyaknya jumlah calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di jurusan Komunikasi, berbagai hal mengenai ilmu berkomunikasi, media massa, hingga relasi publik dapat dikuasai dengan jurusan ini. Peluang kerja dari jurusan Komunikasi pun sangat luas, seperti bidang broadcasting, jurnalistik, public relations, advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, maupun komunikasi bisnis.

5. Desain Komunikasi

Sama halnya dengan bidang komunikasi, desain merupakan jurusan yang menjurus terhadap suatu keindahan. Jurusan ini dapat berguna dalam pekerjaan mendesain arsitektur, undangan pernikahan, desain interior.

6. Psikologi

Tidak sedikit calon mahasiswa baru yang tertarik mempelajari psikologi manusia, sehingga jurusan Psikologi pun menjadi salah satu jurusan favorit pada SNMPTN dan SBMPTN dan bisa sesuai dengan siswa SMK. Dalam jurusan Psikologi, mengetahui aspek tingkah laku manusia, perwatakan, karakter, dan kebiasaan seorang individu. Ketika lulus, seorang lulusan jurusan Psikologi bisa bekerja di perusahaan di bagian HRD.

7. Hukum

Jurusan Hukum memiliki image yang bagus bagi sebagian orang, sehingga tidak sedikit calon mahasiswa baru yang mengincar jurusan tersebut. Jurusan ini juga tidak melarang para calon mahasiswa dari SMK untuk bergabung. Sebab, seorang lulusan jurusan Hukum bisa memiliki pekerjaan yang dianggap prestisius, seperti pengacara, notaris, dan lainnya.

8. Ilmu Kesehatan

Bukan hal yang aneh jika masuk ke jurusan Ilmu Kesehatan, tidak berbeda dengan Jurusan Farmasi, di mana jurusan ini mengacu pada penelitian pola makanan dan kesehatan masyarakat. Dalam jurusan ini, pelajaran menjaga dan memperbaiki standar hidup masyarakat sangat diperlukan. (FAM)

 

Sumber: Zenius

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UNBK Numpang Di Sekolah Lain, Dikhawatirkan Ganggu Psikologis Siswa

sekolah yang belum siap secara fasilitas untuk menumpang UNBK di sekolah lain justru dikhawatirkan mengganggu aspek psikologis siswa

Close