Dengan Alat Temuan Mahasiswa Ini, Bawang Merah Bisa Bertahan Hingga Setengah Tahun

Infokampus.news, Malang – Bawang merah bisa merupakan komoditi yang tidak bisa bertahan lama saat disimpan. Padahal, kebutuhan akan barang ini sangatlah besar di Indonesia.

Sedangkan saat ini keberadaan bawang merah mulai langka dan harganya pun terus merangkak naik. Hal inilah yang membuat 3 mahasiswa FTP UB Setianingsih, Kharimatul Khasanah, dan Intan Lutfi Fatikasar J.

“Ini juga untuk mendukung program pemerintah rumah pangan yang mana kita bisa menekan kelangkaan fluktuasi bawang merah. Sehingga kelangkaan bawang merah bisa teratasi,” Ujar Intan pada tim infokampus.news.

Bawang Merah Bisa Bertahan Hingga Setengah Tahun Dengan Coumarin Box For Onion

Untuk itulah mereka mencoba mencari ide untuk mengawetkan bawang dan menemukan COBOI atau Coumarin Box For Onion yang mampu mengawetkan bawang merah hingga 6 bulan lamanya.

“Bawang merah petani ini walau sudah dikeringkan kalau dibiarkan disimpan jadi cepet busuk. Tapi kalau diberi Coumarine dengan acetat yang mana ini anti bakteri akan awet hingga 6 bulan,” Tukas dia kemudian.

Cairan kimia tersebut harus disemprotkan ke permukaan bawang dengan alat khusus yang berbentuk seperti oven. Bawang merah pun juga harus masuk ke dalam alat tersebut.

“Namanya ini blower exhauster. Kalau untuk bawangnya yang telah diberi cairan ini tidak perlu khawatir mengganggu kesehatan, walaupun ini bahan kimia kalau dicuci kena air dia akan hilang.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi, Semakin Banyak Doktor Berkompeten di UWG Malang

Fakultas Teknik UWG Malang patut berbangga, satu lagi doktor berkompeten telah dinobatkan untuk menjadi salah satu bagian dari kampus inovasi...

Close