Dengan “ASAP”, Mahasiswa FILKOM UB Ubah Polusi Jadi Udara Bersih

Infokampus.news, Malang – Biasanya asap pembakaran sampah ataupun rokok merupakan sumber polusi udara. Namun mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawiaya (Filkom UB) justru menjadikan “asap” sebagai alat pembersih udara. Lho kok bisa? Ternyata “asap” yang dimaksud adalah Automatic Sedot Asap Polusi atau disingkat A.S.A.P.

A.S.A.P, Teknologi Pembuat Udara Bersih

Rafi Fajar peneliti dalam tim The Ex (tim pembuat aplikasi A.S.A.P) ini mempunyai fungsi sebagai smart filter yang akan mendeteksi tingkat polusi udara yang ada di sekitar alat. Setelah mencapai titik ketika alat menganggap udara mulai terpolusi, maka secara otomatis udara polusi akan terhirup dan disaring oleh A.S.A.P kemudian menjadikannya sebagai udara yang bersih kembali.

Baca Juga:

“Jadi A.S.A.P ini mempunyai energi terbarukan yang berasal dari energi matahari.jika kondisi sekitar alat mengalami suatu polusi udara, maka secara otomatis alat ini akan menyaring udara tersebut menjadi bersih kembali,” katanya.

Dengan SMOQ, Masyarakat Bisa Pantau Langsung Kondisi Udara

Uniknya, melalui teknologi ini masyarakat bisa secara langsung memantau ataupun melihat kondisi kadar udara di sekitarnya. Masyarakat bisa menggunakan aplikasi SMOQ yang sudah terintegrasi dengan sistem A.S.A.P. terlebih lagi aplikasi Smoq dapat pula memberi peringatan bila kadar polusi diudara sekitar sangat tidak baik untuk dihirup.

“Jadi masyarakat bisa memantau langsung dengan basis Internet of Thinks. Aplikasi Smoq dan A.S.A.P nantinya akan terintegrasi dan pantauan langsung dari masyarakat terhadap kinerja penyaringam poolusi pun nantinya bersifat transparan,” jelas Rafi.

Ia berharap terhadap pengembangan lebih lanjut serta mencari pula validasi apakah A.S.A.P ini dibutuhkan dimasyarakat atau tidak. Dirinya juga berharap bahwa nantinya peranan A.S.A.P dan smoq ini dapat hadir langsung di kehidupan masyarakat demi mencegah penyakit yang disebabkan polusi udara.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Festival Karya Brawijaya, Bukti UB Sebagai Kampus Terinovatif

Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) menggelar acara Festival Karya Brawijaya (FKB) 2016 hari ini, Kamis, 24 Nopember 2016. FKB...

Close