Deretan Universitas paling Top di Indonesia Tahun 2020

INFOKAMPUS.NEWS – Bagi kamu yang masih bingung memilih universitas mana yang akan kamu pilih untuk mengejar cita-cita kamu. saat ini QS world university rankings telah meluncurkan deretan universitas paling top di Indonesia tahun 2020.

QS World University Rankings merupakan salah satu acuan Kemenristekdikti dalam menilai kualitas pendidikan tinggi dan bisa menjadi rujukan dalam mencari kampus terbaik di Indonesia.

Untuk tahun 2020, berikut ini adalah sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan WS World University Rankings.

SIMAK Universitas Indonesia

Urutan Pertama diraih oleh Universitas Indonesia. Berada di peringkat 296 dunia membuat UI dikenal banyak orang bukan? PTN ini didirikan pada tahun 1849 sebagai dokter – Djawa School Batavia. pada tahun 1954, barula nama universitas Indonesia mulai digunakan hingga sekarang. kampus UI terletak di Depok, Salemba dan Cikini.

Urutan kedua diraih oleh Universitas Gadjah Mada yang ebrdiri pada tahun 1049 dengan lokasi kampus di Sleman Yogyakarata. saat ini, UGM menaungi 18 fakultas dan 265 jurusan atau program studi. dalam kurun waktu 2014 hingga 2018, UGM telah melakukan 10.985 penelitian dan menghasilkan 22.050 publikasi. UGM sendiri menduduki peringkat ke-320 dunia.

Baca Juga :  Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

seleksi mandiri ITB

Urutan ketiga diraih oleh Institut Teknologi Bandung. Berada di urutan 331 Dunia ITB Tak hanya dikenal sebagai Kampus Ganesha disebabkan oleh maskot dan lambangnya, namun ITB juga dikenal dengan julukannya sebagai Kampus Cap Gajah. PTN ini terdiri dari tujuh fakultas dan lima sekolah dengan jumlah kampus yang terus bertambah dan tersebar di beberapa lokasi.

Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Urutan Ke-empat diraih oleh Institut Pertanian Bogor yang berada di urutan ke-601-650 dunia. secara resmi, IPB berdiri pada tahun 1963. akan tetapi, PTN yang berlokasi di Bogor ini sebenarnya memiliki sejarah panjang sejak sebelum PD II saat ini. IPB menaungi sembilan fakultas dan 40 jurusan atau program studi. tingkat penerimaan mahasiswa IPB secara umum sangak ketat yaitu mencapai 4%.

Universitas Airlangga berada di urutan ke-lima dan peirngkat ke-651 700 dunia. Kampus yang berlokasi di Surabaya ini memiliki afiliasi dengan Rumah Sakit Dokter Soetomo dan ASEAN University Network. Unair pun merupakan salah satu PTN di Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Salah satu contohnya, pada awal berdirinya Unair memiliki lima fakultas saja, namun kini telah berkembang menjadi 14.

Baca Juga :  AIABI Gelar Kongres dan Seminar Nasional di FIA Universitas Brawijaya, Salah Satu Agenda Pilih Ketum Baru!

 

Urutan ke-enam diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung dan meraih peringkat ke 751 – 800 dunia. Kampus Unpad berada di dua lokasi, yaitu Dipati Ukur, Bandung dan Jatinangor, Sumedang. Selain keduanya, Unpad juga memiliki kampus PSDKU di Garut. Seluruh kampus tersebut memfasilitasi perkuliahan Unpad yang terdiri dari 16 fakultas.

Dibanding PTN-PTN diatas, Binus terbilang masih sangat muda karena baru berdiri pada tahun 1996. Akan tetapi, dalam waktu yang singkat PTS ini telah mampu mengejar prestasi – dengan berada dalam sembilan besar PT di Indonesia pada daftar QS World University Rankings 2020 ini, salah satu buktinya. Program kuliah yang ditawarkannya pun sangat tidak konvensional, misalnya program Master Track dankuliah daring, selain juga kuliah internasional dan reguler. Kampus Binus tersebar di beberapa lokasi di Jakarta Barat, Tangerang, Jakarta Selatan, dan Bandung.

Seleksi Madniri Undip

Kampus-kampus Undip berada di beberapa lokasi di Semarang dan Jepara. Sejak berdirinya ditahun 1957, Undip memiliki 11 fakultas, 21 prodi D3, dan 51 prodi S1. Pada tahun 2019, Seleksi Mandiri Undip diikuti oleh 33.755 peserta.

Baca Juga :  Berapa Biaya Kuliah Mandiri UB 2022 Untuk Calon Mahasiswa Baru?

perbedaan itb dan its

Kampus utama ITS berada di Sukolilo, sedangkan dua kampus lainnya berada di Manyar dan Cokroaminoto. Khas Suroboyoan, moto PTN ini adalah ITS Cak! – yang merupakan akronim dari Cerdas, Amanah, dan Kreatif. ITS memiliki sembilan fakultas, termasuk vokasi didalamnya. (Edt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.