Desain Kincir Angin Sederhana Buatan Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Infokampus.news – Kelompok 7 KKn Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta tepatnya di Kampung Urug dan Bapak Didit Sumardiyanto, MT serta Bapak M.Fajri Hidayat, MT, Keduanya merupakan Dosen Teknik Mesin UTA’45 Jakarta mengadakan pelatihan Desain Kincir Angin Sederhana untuk pembangkit listrik di kalangan masyarakat dan warga kampung Urug.

Kegiatan ini diikuti oleh kurnag lebih 40 peserta yang terdiri dari perangkat desa, warga masyarakat kampung Urug dan juga dihadiri oleh Kokolot Kampung Adat Urug, Abah Ukat Raja Aya atau sering dipanggil dengan Abah Ukat. Masyarakat Kampung Urug masih menajda tradisi adat para karuhun dan menunggu izin pemangku adat untuk melakukan kegiatan menanam padi, emmanen padi, menumbuk padi, menyimpan padi ke leuit hingga pertama memasak beras.

Warga masyarakat kampung adat Urug yang menghadiri kegiatan ini sangat antusias mendengarkan dan menyimak narasumber yang membawakan materi akrena tema materi di atas sangat sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat disana, sehingga mendorong emreka untuk hadir pada saat penyuluhan.

Narasumber Bapak Didit Sumardiyanto, MT menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Tenaga Angin untuk Pembangkit Listrik Sederhana Bagi Masyarakat “ dan bapak Fajri Hidayat mengenai matering “Desain Kincir Angin Sederhana untuk Kebutuhan Listrik Desa Bagi Masyarakat”.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan warga masyrakat Urug dan kaum muda mengenai pemanfaatan energi angin sebagai salah satu energi alternatif yang sangat bermanfaat dalam kehidupan mengingat kebutuhan manusia akan energi semakin hari semakin meningkat dengan kondisi seperti ini maka harus ada peralihan konsumsi energi.

Keuntungan utama dari penggunaan pembangkit listrik tenaga angin secara prinsipnya karena sifatnya yang terbarukan. Hal ini berarti eksploitasi sumber energi ini tidak akan membuat sumber daya angin yang berkurang seperti halnya penggunaan bahan bakar fosil. Oleh karena itu, tenaga angin dapat berkontribusi dalam ketahanan energi dunia di masa depan. Tenaga angin juga merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, dimana penggunannya tidka mengakibatkan emisi gas buang atau polusi yang berarti ke lingkungan. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Lapar malam hari
Lapar di Malam Hari? Mungkin kamu butuh Makanan ini

Infokampus.news –Mahasiswa begadang untuk mengerjakan tugas itu merupakan hal yang sudah biasa. Biasanya kalau tengah malam begadang ditemani makanan untuk

Close