Design Thinking Camp Libatkan Mahasiswa Asing Live-in di Pantai Malang Selatan

Infokampus.news – Kegiatan yang bertemakan “Internatioanl Community, Engangement for Economic Sustainbility of Fisherman at Southern Malang Coasts” dikemas dengan konsep Design Thinking Camp yang berhasil melibatkan mahasiswa Asing Live-in di pantai Malang Selatan.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25-29 Juli 2018, Nur Salam Menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan konsorsium dari 3 Perguruan tinggi yaitu Polinema, STIE Malang Kucecwara dan STIKI yang didukung pendanaan oleh Kemenristek Dikti.

“Mahasiswa asing dan lokal sangat antusias mengikuti acara ini, mereka melakukan semua phase mulai dari observasi, wawancara, dan pengelompokan data, diskusi gagasan/ide untuk menyelesaikan masalah dan prototyping. Program berjalan dengan lancar, penuh tantangan  akademis dan sosial” Ujar Koordinator  Program Dr. Hilda Cahyani.

Sebagai program pertama panitia berupaya memebrikan kontribusi akademis dengan tetap mempertimbangkan kearifan lokal, maka dari itu kali ini mengambil lokasi dekat dengan pantai, supaya peserta bisa berbaur dengan masyarakat dan tinggal di rumah selama kegiatan berlangsung.

Sementara, Peserta DT camp meraa sangat senang dengan program ini dan mendapat banyak pengalam yang tak terlupakan, belajar ilmu baru dan mengenal berbagai budaya dari masing-masing negara.

Salah satu peserta berasal dari Somalia menjelaskan “i have experience, because we got any experience about marketing and business and im very happy, because in this camp i met a lot of people with different culture and different idea”.

Malang Selatan memiliki letak yang sangat strategi dekat dengan laut. Hal ini membuat wilayah tersebut menjadi pusat hasil tangkapan ikan segar. Meskipun demikian, tidak semua nelayan di wilayah pesisir Malang Selatan memiliki kesejahteraan yang sama.

Hanya sedikit wilayah yang sudah maju, sedangkan yang lain masih belum berkembang dengan baik. Salah satu daerah tersebut adalah Pantai Tamban Indah, Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan.

Ketua Konsorsium 3 Perguruang Tinggi, Dr. Nur Salam mengatakan bahwa permasalahan tersebut menarik perhatian 27 mahasiswa asing dan 15 mahasiswa lokal untuk terjun langsung dan tingga di desa Tambakrejo yang bertujuan untuk memahami dan mengenal lebih dekat bagaimana kehidupan para nelayan. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news –  Tepat hari ini Acara Design Thinking Camp 2018 resmi dibuka di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, diikuti kurang lebih 90 mahasiswa dari 16 Negara. Acara kali ini bertajuk “Tasting The Natural and Cultural Heritage of Malang”. Suparto selaku koordinato KUI Malang menjelaskan kegiatan mereka selama di Malang, “Hari ini pembukaan (23/7), besok mereka melakukan pelatihan design thinking, kebanyakan mahasiswa belum familiar dengan metode baru ini jadi mereka…
  • Rangkaian acara Design Thinking Camp 2018 hari ini (30/7) membuat Muhammad (29) salah satu peserta asal Libya bahagia. Pasalnya setelah bertahun-tahun dirinya berada di Indonesia ia baru
  • Infokampus.news - Ikatan kerja sama Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang dengan universitas antar negara menjadi semakin kokoh, kali ini dibuktikan dengan adanya program internship atau magang mahasiswa Korea di Kampus STIKI. Ditemui wartawan, 3 (tiga) mahasiswa Korea di Kampus STIKI yakni Park Dong Cheol, Ahn Hyeon Sung, dan Lee Ho Hoon berbagi pengalaman dengan berbahasa Indonesia bercampur Inggris. Ketiga mahasiswa ini ternyata berasal dari dua kampus berbeda pun jurusan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
libya 1libya 1
Pemuda Asal Libya Ini Bahagia Lihat Budaya Khas Malang di Kampung Budaya Polowijen

Rangkaian acara Design Thinking Camp 2018 hari ini (30/7) membuat Muhammad (29) salah satu peserta asal Libya bahagia. Pasalnya setelah...

Close