Design Thinking Camp 2018, Resmi dibuka di FIA Universitas Brawijaya Malang

Infokampus.news –  Tepat hari ini Acara Design Thinking Camp 2018 resmi dibuka di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, diikuti kurang lebih 90 mahasiswa dari 16 Negara. Acara kali ini bertajuk “Tasting The Natural and Cultural Heritage of Malang”.

Suparto selaku koordinato KUI Malang menjelaskan kegiatan mereka selama di Malang,

“Hari ini pembukaan (23/7), besok mereka melakukan pelatihan design thinking, kebanyakan mahasiswa belum familiar dengan metode baru ini jadi mereka akan mengetahui itu ketika mereka berada di lapangan. Jadi mereka terjun ke lapangan mencari akar permasalahan yang ada lalu memberikan solusi.” Ujarnya.

Kegiatan tahun ini dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diarahkan untuk ke Kabupaten Malang tepatnya di Sendang Biru untuk mecari akar permasalah dari Nelayan disana, selanjutnya kelompok kedua nantinya akan diarahkan menuju Kota Batu untuk membantu penganan sampah, dan nanti pada tanggal 30 Juli 2018 mereka akan berada di Kampung Budaya Polowijen untuk belajar budaya masyarakat dan diberikan edukasi untuk membuat topeng dan batik.

Target para mahasiswa dari 16 Negara ini kedepannya melalui live-in selama 5 hari berturut-turut ini menemukan masalah dan memberikan solusi bisa dalam bentuk hardware, manajerial, ataupun aplikasi. Selain itu mereka diberikan edukasi bagaimana caranya berempati kepada masyarakat sekitar dengan cara memahami bagaimana pola kehidupan mereka.

“Live-in selama 5 hari ini nantinya, mereka semua akan tinggal bersama masyarakat disana, satu rumah dihuni oleh beberapa mahasiwa, disana mereka akan mengikuti seperti apa kegiatan sehari-hari mulai dari bekerja, makan, dan tidur dengan cara masyarakat disana. Contohnya nelayan di sendang biru, jika berangkat mencari ikan jam 1 pagi ya mereka harus ikut juga, “ tambahnya.

Mahasiwa yang berasal Malaysia, Vietnam, Thailand, Korea Selatan, India, Libya, Sudan, Somalia, Indonesia dan masih banyak lagi, sangat antusias  mengikuti acara pembukaan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Oh iya! Perlu Sobat FoKus ketahui, yang unik dari desain thinking ini adalah kamu tidak bisa menentukan masalah sebelum kamu ikut terjun ke lapangan, jadi solusi bisa ditemukan ketika kamu hidup bersama masyarakat disana, kamu tertarik untuk mengikutinya? (Jul/pus)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
pendidikan profesi insinyur umm
Prodi Pendidikan Profesi Insinyur UMM Siap Sambut Mahasiswa Baru 2018/2019

Infokampus.news – Menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019, Prodi Pendidikan Profesi Insinyur Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan berbagai persiapan mulai

Close