Didakwa Bisa Persempit Peluang Kerja, Nyatanya Kemajuan Teknologi Juga Ampuh Berantas Korupsi!

Infokampus.news, Malang – Kemajuan teknologi yang sangat pesat dewasa ini sering dianggap kurang menguntungkan bagi para pencari peluang kerja. Nyatanya memang di salah satu sektor seperti Kementrian Keuangan (Kemenkeu) saja, yang idealnya memiliki pegawai sejumlah belasan ribu, hanya menyisakan angka di bawah 8 ribu pegawai saja tahun ini.
Hal ini diungkapkan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Kemenkeu, Sudarto S.E., M.BA., Ph. D dalam acara Talkshow “Pengelolaan Keuangan Pemerintah Jaman Now” yang digelar siang ini (17/9) di aula gedung pascasarjana FEB Universitas Brawijaya Malang. Meskipun demikian menurutnya kemajuan teknologi ini juga harus disikapi dengan bijak oleh generasi milenial.
“Sekarang ini kalian tidak ada batas untuk mengakses internet, mari manfaatkan sebaik-baiknya untuk berwirausaha, mengembangkan lingkungan, lingkungan desa misalnya, harus selalu disikapi positif kami ini negara selalu membutuhkan generasi muda.” Tukasnya.
Di samping itu menurut Prof. Candra, akademisi FEB UB, lebih jauh ternyata teknologi ini juga memberikan kontribusi besar dalam pemerintahan dan pengelolaan dana negara. Selain mempermudah sistem tata kelola, teknologi juga bisa meminimalisir kesalahan data bahkan tindak pidana korupsi. Karena kemajuan teknologi data akan terorganisir dengan baik sehingga kesalahan maupun tindak kecurangan data akan dengan mudah terdeteksi.
“Tapi sebenarnya kunci dari sebuah kesuksesan pembangunan itu ya orangnya, kembali ke SDMnya. Apakah pendidikan seseorang itu mampu mengubah dirinya atau bahkan perekonomian? Tidak. Kalian mau punya ijazah apapun, yang penting itu adalah skill yang kalian punya dan kejujuran.” Tandasnya.
Generasi milenial saat ini menurut keduanya tak boleh ketinggalan dan gagap teknologi, namun harus cerdas dalam memanfaatkannya. Selain itu nilai-nilai dasar seperti kejujuran dan etos kerja yang baik harus tetap dipegang teguh dalam bidang pekerjaan kapanpun. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Sarjana Ulama Zaman Now
UIN Sunan Gunung Djati Hadapi Tantangan Revolusi Industri Siapkan Sarjana Ulama Zaman Now

Infokampus.news – Tantangan besar bagi perguruan tinggi saat inim yakni menghadapi revolusi industri 4.0. oleh karena itu setiap program studi

Close