Didik Jiwa Disiplin dan Kreatif, Mahasiswa KKN 2018 UNIKAMA Ditantang Keluar Dari Zona Nyaman

Infokampus.news, Malang – Sebanyak 1.675 mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dituntut keluar dari zona nyaman. Karena mulai Hari ini (16/7) mahasiswa diterjunkan ke 41 desa dikabupaten Malang untuk melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2018. Melalui kegiatan ini, ketua pelaksana Dr. Sudiyono, M.Pd., mengaku UNIKAMA ingin melatih mahasiswa agar benar-benar memiliki jiwa disiplin dan kreatif.
“Tahun ini ada yang berbeda, jadi selesai KKN mereka membuat laporan akhir kemudian juga harus memvideo kegiatan tersebut. Jadi seluruh kegiatan harus divideokan lalu harus dipublikasikan baik ke media cetak maupun online dan diunggah ke youtube,” ungkapnya saat ditemui tim infokampus.news.
Pelaporan dengan video dan juga publikasi ini ditujukan agar para mahasiswa tidak melakukan program mereka dengan level standar. “Kalau begini kan mereka malu kalau membuat laporan atau program yang biasa-biasa saja,” tukasnya.
Selain mengasah kemampuan para mahasiswa agar lebih total dalam melakukan KKN, pihaknya juga ingin para mahasiswa ini berkontribusi penuh dalam pengabdian masyarakat. Ia mengungkapkan tidak sedikit desa yang membutuhkan pemikiran para mahasiswa KKN 2018 UNIKAMA untuk mengembangkan potensi desa masing-masing.
“Harapannya mahasiswa bisa menghasilkan suatu bentuk laporan pengamatan di desa itu punya potensi unggulan apa yang bisa dikembangkan dan dieksplor. Sekarang desa ini harus ada BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) tapi banyak yang tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan karena tidak tahu potensi daerahnya,” katanya.
Untuk itu selain membuat program yang kreatif, para mahasiswa UNIKAMA benar-benar harus memiliki kejelian dalam mengobservasi dan menilai potensi apa yang layak dijadikan sebagai BUMDES. (Pus)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat dengan KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Kali ini mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) ajarkan penggunaan pupuk kandang di desa Ampilgading. Mahasiswa UNIKAMA jika memasuki semester 7 wajib memprogram KKN di liburan semester genap. Total mahasiswa yang mengikuti KKN Tahun ini sejumlah 37 orang, berlokasi di desa Solowangi Ampelgading Kabupaten Malang, yang diberlakukan mulai…
  • Infokampus.news– Hai Sobat FoKus ada yang bingung mau kuliah dimana? Tertarik dengan fakultas peternakan? Ingin memiliki pengetahuan luas mengenai reproduksi unggas? Kali ini tim infokampus akan memberikan informasi lebih dalam mengenai Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA).   Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) berdiri sejak tahun 2005 dengan akreditasi B dan tahun ini memiliki kurang lebih 260 mahasiswa aktif. Ada dua kategori kelas yang dibuka yaitu 2 kelas reguler…
  • Infokampus.news, Malang - Sebanyak 1.675 mahasiswa peserta KKN UNIKAMA 2018 pagi ini (28/6) mulai diberikan pembekalan materi Kuliah Kerja Nyata (KKN) hingga Sabtu (30/6) mendatang. Sesuai dengan tema KKN "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa Menuju Desa Mandiri" para mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) digadang-gadang akan memberikan banyak ilmu dan manfaat untuk kemandirian masyarakat di 41 desa yang ada di 3 kecamatan Kabupaten Malang. Rektor UNIKAMA Dr. Pieter Sahertian, M.Si, menjelaskan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
limbah jadi pupuk
Setelah Ubah Limbah Jadi Pupuk, UM dan PT. Molindo Ingin Ubah Limbah Jadi Pakan Ternak Hingga Sumber Listrik

Setelah sukses dalam kerjasama ubah limbah menjadi pupuk tebu, PT Molindo dan Universitas Negeri Malang ingin melakukan MoU dalam riset...

Close