Rangkaian Dies Natalis ke-38 Unisma Ditutup

Infokampus.newsDies Natalis Universitas Islam Malang (Unisma) ditutup, Minggu (22/9). Ratusan orang memenuhi halaman depan Universitas Islam Malang untuk mengikuti jalan sehat bersama seluruh sivitas akademika Unisma dalam penutupan ini.

Tak hanya diikuti oleh mahasiswa dan dosen, warga sekitar kampus Unisma juga ikut memeriahkan jalan sehat. Selain itu, acara juga diramaikan oleh bazar wirausaha. Peserta jalan sehat juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Meski hari lahir kampus hijau ini jatuh pada 27 Maret, namun rangkaian pelaksanaan Dies Natalis berlangsung hampir sepanjang tahun. “Total ada 74 kegiatan untuk Dies Natalis ke-38. Memang rangkaian kegiatannya long time, sepanjang waktu,” ujar Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi.

Memasuki usia ke-38, sejumlah pembangunan infrastruktur akan dilangsungkan oleh Unisma. Ada delapan titik yang tengah dalam proses pembangunan. Yaitu pondok pesantren, pengembangan masjid Ainul Yaqin, perpustakaan, bisnis center, laboratorium terapan terpadu, area parkir, rusunawa, dan greenhouse.

Akhir tahun 2019, Unisma juga akan membangun gedung 9 lantai di kampus I Unisma. “Juga persiapan kampus 2 di daerah Karangploso di atas lahan seluas 2,78 hektar,” ujar Maskuri.

Prestasi Unisma di Usia 38

Di usia ke-38 ini, Unisma juga meraih sejumlah prestasi membanggakan. Di antaranya Unisma masuk dalam jajaran 5 kampus besar dari 328 perguruan tinggi di Jawa Timur. Unisma juga masuk sebagai 100 besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

Demi mendorong peningkatan mutu pendidikan, Unisma juga melakukan berbagai pembaruan. Di antaranya join riset dengan perguruan tinggi luar negeri, program KKN, PPL, dan peningkatan karya tulis ilmiah.

“Internasionalisasi Unisma makin tampak. Jumlah program studi yang terakreditasi A juga meningkat,” imbuh Maskuri.

Jalan sehat Unisma bersama dengan masyarakat sekitar merupakan bagian dari perwujudan jargon Unisma sebagai kampus dari NU untuk Indonesia dan peradaban dunia. “Momen ini untuk pengembangan atmosfer akademik, manajemen, kemahasiswaan, keagamaan, sosial, dan kerjasama,” tukasnya.

Puluhan hadiah utama dan ratusan doorprize memeriahkan rangkaian jalan sehat. Mahasiswa FAI asal Bangkalan beruntung mendapatkan satu unit sepeda motor yang nomor undiannya dibacakan langsung oleh rektor. (ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published.