Digital Talent Scholarship Dimulai, Generasi Melek Teknologi Indonesia Mulai Dibentuk

Infokampus.news, Malang – Digital Talent Scholarship 2019 yang digelar mulai kemarin ternyata diminati begitu banyak kawula muda Indonesia. Nampaknya generasi muda Indonesia mulai sadar akan pentingnya ‘melek’ teknologi yang bukan hanya sekedar pandai memanfaatkan social media saja, namun benar-benar memahami seluk beluk teknologi yang sebenarnya.

Seperti yang dituturkan ketua pelaksana, Heru, saat ditemui wartawan mengungkapkan peserta dari training ini sendiri berasal dari seluruh indonesia. Total sebanyak hampir 500 orang mendaftar untuk batch pertama training ini, padahal kuota yang diberikan hanya 300 saja.

“Pelatihan peserta bisa memilih minta di lakukan dimana, ada beberapa tempat yang jadi titik latihan memang. Pesertanya juga beragam.” Ungkap Heru.

Karena antusiasme peserta di batch pertama ini, akhirnya kementrian membuka kuota hingga hampir 400 orang untuk beasiswa ini. Otomatis dengan penambahan jumlah peserta ini, jumlah kelas yang harus dipersiapkan juga melebihi jumlah yang awalnya ditetapkan.

“Kalau kelasnya sendiri ada jenis jenisnya seperti kelas big data, cyber security dan beberapa yang lainnya. Jumlah masing-masing kelas bertambah tentunya.” Imbuhnya.

Baca Juga :  Dosen Kimia Unikama Ini Bikin Cairan Pembasmi Jamur Berbahaya, Lulus Program Doctor dari Unair Cumlaude

Setelah lulus dari program ini, nantinya mereka akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan kompetensi mereka di bidang digital. Kedepannya pihaknya berharap para peserta bisa menggunakan sertifikat ini untuk mempermudah melamar pekerjaan di bidang yang relevan.

“Selain menambah ilmu juga ya, dan ini sertifikasinya diakui di skala internasional. Jadi ada tim khusus yang menilai mereka.” Ujar Heru lagi.

Kemajuan digital sendiri di Indonesia dirasa oleh founder Abundent Sdn Bhd, Dinar Hana Sadriyantien Wahyuni, ST., MT, masih jauh dibandingkan dengan negara-negara maju di eropa. CEO salah satu perusahaan IT asal malaysia ini menilai masih perlu banyak pembenahan, terutama membentuk mindset generasi muda Indonesia.

“Di Indonesia ini cukup susah membuka pikiran dan merubah mindset masyarakatnya, itu yang saya lihat.” Terang Dinar.

Untuk itu dengan adanya program digital talent scholarship ini, selain menambah ilmu peserta juga bisa menambah wawasan tentang perkembangan IT di dunia luar. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *