Direktur Keuangan Pelindo Ajak Mahasiswa Ubah Mindset Menuju Ekonomi Kelautan

Infokampsu.news, Malang – Perusahaan atau korporasi di Indonesia saat ini sudah bergerak untuk menuju era yang berbasis pertanggung jawaban. diakui oleh Direktur Keuangan Pelindo III, U. Saefudin Noer. dalam kesempatannya saat mengisi materi di acara Indonesia Berdialog 2017 yang bertempat di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). diungkapkannya, korporasi di indonesia harus berpegang teguh pada tiga pilar utama sebagai bentuk pertanggung jawaban agar keberlangsungan korporasi tersebut akan tetap terjaga.

“Tiga pilar itu diantaranya yaitu, menjaga keberlangsungan terhadap komunitas masyarakat (People), tetap berpegang teguh pada prioritas keuntungan (Profit), Serta menjaga keberlangsungan terhadap lingkungan melalui gerakan seperti CSR (Planet). nah dengan menjaga teguh pilar tersebut, maka sustainability korporasi dirasa akan sangat kokoh,” Paparnya.

Direktur Keuangan Pelindo : Orientasi Perekonomian Indonesia Harus Bertumpu Pada Kelautan

Menurutnya, saat ini pemahaman perkembangan ekonomi Indonesia haruslah berorientasi pada kelautan, tidak lagi mengutamakan ekonomi melalui darat. hal itu dikarenakan, sebagai negarayang didominasi oleh laut, justru Indonesia banyak menumpuk beratkan proses ekonomi utanmanya di jalur distribusi logistik di jalur darat. padahal menurutnya, jika kita mampu membuat regulasi yang tepat, maka jalur distribusi laut merupakan pilihan terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

“Langkah paling mudah yaitu kita menimba ilmu dulu terkait kondisi laut kita. Pemerintah juga sudah dangat baik menrlurkan suatu inovasi terkait tol laut. Kebijakan tol laut itu sendiri saya easa mampu untuk menjaga distribusi logistik agar pertumbuhan di daerah makin baik pula,” Ungkapnya.

Tol laut sendiri menurutnya merupakan terobosan yang baik yang digulirkan oleh pemerintahan Jokowi-JK. Tol laut nantinya akan membuat sebuah keteraturan pelayaran di area laut Indonesia dengan adanya penjadwalan antar kapal yang berlayar di lait Indonesia.

Pelindo Buat Pelabuhan Menjadi Ruang Publik Yang Menarik

Selain itu, diakui oleh Saefuddin, saat ini antusiasme masyarakat Indonesia terkait kelautan dan pelabuhan masih dangat kurang. Untuk itu, Pelindo saat ini sedang mengupayakan agar antusiasme masyarakat terkait dunia kelautan di Indonesia bisa tumbuh kembali. slaah satunya melalui revitalisasi pelabuhan sebagai salah satu ruang publik yang menarik.

“Kami saat ini sudah merevitalisasi agar pelabuhan itu terlihat menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi. seperti pelabuhan di banyuwangi itu, pelabuhan tersebut banyak dikunjungi turis yang memang tidak sengaja singgah. nah disitu ramai karena tempatnya bagus, juga ada keunikan dan kearifan lokal lain yang diangkat. itulah yang kami sedang programkan di pelabuhan-pelabuhan lainnya,” Paparnya. (uch)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hadiri Kegiatan Indonesia Berdialog, Ini Materi Yang Disampaikan Direktur Utama PT Pos Indonesia

Hari ini, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono, serta Direktur Keuangan PT Pelindo III, U. Saefudin Noer Menjadi...

Close