Direktur Polinema Ajak Civitas Akademika Rekatkan Hubungan Baik Dengan Mahasiswa

Infokampus.news, Malang – Dalam rangka dies natalies ke-35 Politeknik Negeri Malang, digelar rapat terbuka senat pada hari Rabu (12/4). Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh jajaran petinggi Politeknik Negeri Malang (Polinema). Bahkan turut hadir juga Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Arm Aprianko Suseno.

Salah satu rangkaian acara ini adalah orasi ilmiah dari beberap tokoh akademis Polinema. Turut menyumbang pula Direktur Utama Polinema Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT sebuah orasi ilmiah dengan tajuk “Pengaruh Relationship Marketing terhadap Switching Barrier, Kepuasan, Kepercayaan dan Retensi Pelanggan.

“Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini, salah satu factor yang sangat perlu diperhatikan bagi pelaku bisnis dalam upaya mencapai kesuksesan usahanya adalah pelanggan. Kepuasan, kepercayaan dan retensi pelanggan terhadap perusahaan dapat diperkuat jika hubungan antara pelanggan dan perusahaan dapat terjalin dengan baik,” terang Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT dalam pembukaan orasi ilmiahnya.

Semakin Dekat, Semakin Sukses

Inti dari orasi ilmiah ini adalah kedekatan antara instansi atau perusahaan dengan para stakeholder atau orang-orang yang berkepentingan. Ia menerangkan bagaimana kedekatan instansi atau perusahaan tersebut dengan orang-orang yang berkepentingan berbanding lurus dengan kesuksesan mereka.

“Dalam penelitian Ranaweraa, kepuasan pelangan terbukti berpengaruh kuat dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini dapat dijelaskan bahwa menciptakan retensi pelanggan tidak bisa hanya dengan membuat program-program yang terkait dengan upaya menghambat pelanggan agar tidak berpindah kepada perusahaan lain, tetapi harus ada upaya nyata yang bisa dirasakan,” terang Direktur Utama Polinema yang menjabat sejak tahun 2009 itu.

Tak lupa ia juga mengajak para civitas akademika Polinema untuk menerapkan hasil penelitiannya tersebut kepada para stakeholder Polinema. Dengan begitu, Polinema bisa semakin maju dan tidak mustahil hingga menembus ranah internasional kelak. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jalanan UIN Yang Bersih Puntung Rokok

Hampir tidak ada sampah plastic atau pun kertas yang dapat ditemui di jalanan dalam kampus itu.

Close