DKV Stiki Malang Selenggarakan DKVLUTION 4.0 Critical of Two (UN)POLLUTED

INFOKAMPUSNEWS – DKV Stiki Malang menyelenggarakan DKVLUTION 4.0 Critical of Two  (UN)POLLUTED pada tanggal 15-17 Januari 2020. DKVLUTION 4.0 yang diselenggarakan di Ged.E & Sporthall  STIKI Malang ini menyajikan beragam kegiatan antara lain Pameran Karya Akhir Semester, Talkshow From IxDA Malang & GhulamRock serta Workshop From TypiaNesia Studio.

DKVLUTION 2020 STIKI Malang

Rangkaian acara dilanjutkan dengan  Talkshow “Music & Graphic Design are BFF” oleh Ghulam Rock. Ghulam Rock sendiri adalah timeout project Manager dan Founder GR Studio. Kemudian dilanjutkan Workshop Typenesia Studio “Type Design” oleh Arief Setyo, Dimas Aditya, Fitri Dwivani dari “Type Nesia”.

Pada kesempatan ini, Pujo Adi Prasetyo selaku Ketua Pelaksana Pameran DKVLUTION 4.0 menjelaskan bahwa acara ini sudah empat kali diselenggrakan.

“Sebenarnya acaranya sudah dilakukan beberapa kali, cuman memakai nama DKVLUTION ini karena sudah dilaksanakan yang keempat kali. Pameran disini diselenggarakan untuk tugas-tugas akhir mahasiswa DKV tiap angkatan dari semester awal sampai semester akhir. Kebanyakan yang di pamerkan disini merupakan hasil dari tugas UAS, jadi anak DKV tugas uasnya ya pameran begini,” urainya.

“Untuk pameran kali ini kita mengangkat temanya itu CO2 singkatan dari (Critical of 2), kenapa memilih nama CO2 karena project kami bertemakan tentang polusi, bagaimana kita mengangkat polusi komunikasi dalam media visual. Karena di zaman sekarang banyak sekali terjadi adanya hoaks, banyak poster-poster yang mengandung unsur SARA, itu menanggapinya bagaimana selain kita menanggapi polusi udara atau air atau apapun yang di alam gitu,” jelasnya.

“Terus CO2 itu kayak Critical Of 2 jadi 2 nya itu unpoluted sama poluted itu tadi jadi kita mengangkat tema itu,” tambahnya.

Pameran ini juga banyak dikunjungi oleh anak SMK, kalangan mahasiswa,dosen dari kampus lain serta  orang tua mahasiswa. Selain itu juga ada satu  branding yang bekerjasama dengan desa. Desa tersebut juga diundang untuk melihat pameran ini agar mengetahui hasilnya.

Sedangkan dalam Talkshow I X DA (Interaction Desain Assosiation) bertema “inside of Design Industries  and Collaboration”, Anggita  Satriya Kurniawan  yang menjadi Local Leader  IxDA Malang serta Committee Malang Design Wave  ini menyampaikan bahwa IXDA  (Interaction Desain Assosiation) yang bersifat global, dimana dalam desain grafis, ada namanya ADGI (Assosiation Desain Grafis Indonesia) yang bersifat nasional.

Satriya  mulai aktif di IXDA pada tahun 2018. “IXDA baru pertama di Indonesia, jadi sebelumnya masih ada di Singapore. Kemudian ke Indonesia dan baru pertama kali di adain di Malang,” ungkap dosen DKV Stiki Malang ini.

“Satu tahun pergerakan kami di IXDA, sudah banyak yang bikin event, workshop, dan yang terakhir kemarin bikin kolaborasi event yang namanya Malang Fashion Wave semacam event kolaborasi ada angkatan komunitas ada ADGI, IXDA, dan lain sebagainya, jadi ada temen-temen komunitas kita bikin event bersama,” jelasnya.

“Dalam artian usefulness dalam dunia desain,  desain itu tidak hanya berupa visual tetapi juga ada kegunaannya, beda dengan art belum tentu ada kegunaannya tetapi ada desainnya, bagaimana cara merepresentasikannya, jadi visual itu lebih fokusnya ke implementasi imajinasi seperti warna, font, shape dan sebagainya.

“Jadi, kenapa ada istilah desain karena untuk menyelesaikan masalah, dimana kalian dituntut untuk mendesain suatu solusi dimana yang bisa menyelesaikan masalah tersebut,” pungkasnya. (Azi/Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *