Doktor Mengabdi UB adakan Pelatihan Pokdarwis di Desa Sumbergondo

Infokampus.news – Pengembangan wisata tidak dirasakan oleh masyarakat asli Kota Batu. Investor besar mendapatkan manfaat yang lebih dengan pengembangan destinasi wisata berskala industri. Hal ini terlihat dari mulai destinasi wista yang terkenal seperti Jatim Park 1, 2 dan 3, batu night spectacular, sampai ke saran akomodasi seperti hotel kusuma agrowisata, Klub Bunga Butik Resort yang merupakan milik investor dari luar Kota Batu.

Tingginya keuntungan ekonomi yang diperoleh dari pengelolaan pariwisata membuat pemerintah memfokuskan pada pengelolaan potensi pariwisata. Pengelolaan potensi wisata sedang gencar dikembangkan oleh pemerintah Kota Batu. Pemerintah Kota Batu telah mencanangkan program unggulan yang disingkat dengan DEWI BERDAYA yang merupakan kepanjangan dari Desa Wisata Berdaya Saing Nasional. Sasaran dari DEWI BERDAYA ini adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tersebar di semua desa dan kelurahan di Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu sudah menentukan Visi RPJMD 2018-2022 adalah Batu Kota Desa Berdaya Kota Berjaya, segala bentuk pembangunan akan difokuskan pada desa salah satunya adalah membentuk desa-desa potensial wisata untuk mengimbangi ketimpangan pengelolaan pariwisata yang didominasi oleh investor besar. Keinginan tersebut harus didampingi oleh kapasitas SDM diluar struktur pemerintahan agar Desa Berdaya tidak sekedar menjadi tagline namun dapat direalisasikan dengan menjadikan beberapa desa di Kota Batu menjadi desa mandiri terutama dalam bidang pariwisata.

Permasalahan utama yang dimiliki oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah tidak memiliki banyak kesempatan pelatihan terkait pemetaan potensi lokal yang dimiliki oleh desa dan pelatihan tentang pengembangan potensi lokal. Sehingga program pengembangan wisata yang dilakukan mengalami stagnasi karena tidak mengenali dengan benear potensi yang dimiliki. Oleh karena itu tim Doktor Mengabdi dai Universitas Brawijaya mencoba memberikan bantuan dengan memberikan pemberdayaan dan pelatihan terkait dengan assessment potensi desa dan pengembangan wisata desa. Diharapkan pemetaan dan pelatihan yang diberikan untuk pngembangan desa wisata akan memaksimalkan potensi yang dimiliki dan meningkat pendapatan POKDARWIS serta masyarakat sekitar.

Desa sumbergondo sebagai salah satu desa yang memiliki potensi wisata yang luar biasa yang meliputi something to buy, hasil produksi perkebunan yang cukup melimpah seperti apel, wortel, kentang, dan strawberry dapat dioleh menjadi oleh-oleh khas desa. Something to feel memiliki jalur pendakian menuju gunung arjuna yang sudah sering digunakan oleh para pendaki dari berbagai daerah yang disajikan dalam bentuk paket tour gunung arjuna, something to see sebagai besar wilayah desa sumbergondo adalah pekebunan yang masih subur dan aktif sehingga udaranya masih sejuk serta terdapat aktivitas para petani. Sayangnya keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh dinas pariwisata menjadi kendala utama perkembangan desa wisata di Kota Batu, terutama keterbatasan dalam pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dimiliki oleh tiap desa. Hal inilah yang berusaha dilengkapi oleh tim doktor mengabdi LPPM UB  dengan menyelenggarakan program pelatihan pada tanggal 5 November di desa Sumber Gondo, yang beranggotakan firda hidayati, DPA, Akhmad Amirudin, M.Pol.Sc dan Bayu Kusuma, M.Sc. untuk  membantu desa sumbergondo meningkatkan potensi desanya melalui mapping potensi dan pengenalan terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR).

Membantu desa potensial wisata untuk mengimbangi ketimpangan pengelolaan pariwisata yang didominasi oleh investor besar. Keinginan tersebut harus didampingi oleh kapasitas SDM diluar struktur pemerintahan agar Desa Berdaya tidak sekedar menjadi tagline namun dapat direalisasikan dengan menjadikan beberapa desa di Kota Batu menjadi desa mandiri terutama dalam bidang pariwisata. Luaran yang dihasilkan adalah model assessment potensi desa wisata, modul pelatihan pengembangan desa wisata dan metode pelatihan bagi Pokdarwis. (Jul) 

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Di Penghujung 2018 Konflik Agama Masih Panas, Mahasiswa Jangan Sampai Salah Langkah

Konflik agama di Indonesia saat ini memang masih panas meskipun tahun 2018 akan segera beranjak. Misalnya saja salah satu aliran...

Close