Dorong Daerah Sebagai Pusat Pembangunan, Ini Kata Bupati Trenggalek

Infokampus.news, Malang – Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, MSc. hadir dalam penyelenggaraan kegiatan International Conference Planning In The Era of Uncertainty (ICPEU) ke- 3. dalam kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya (UB) ini, Emil menyampaikan beberapa pandanganya terkait pembangunan masyarakat wilayah domestik atau pedesaan.

Bupati Trenggalek : Indonesia Harus Bisa Menjadi Negara Dengan Ekonomi Yang Kuat

Emil mengaku, sebagai negara dengan sumber daya baik manusia maupun alam yang melimpah, Indonesia dinilai belum bisa berbicara banyak di dunia internasional. menurutnya, walaupun dengan sumber daya yang melimpah, namun Indonesia masih lemah dibidang perekonomian. hal tersebut lah yang dinilainnya menjadi poin penting pembenahan Indonesia menuju ke negara maju.

“Indonesia sebagai sebuah negara belum mempunyai suatu bentuk ekonomi yang kuat. hal tersebut yang harus menjadi perhatian penting bagi pemerintah kedepannya,” Paparnya.

Paradigma Pembangunan Daerah Harus Dikedepankan

Selain itu, Emil juga mengungkapkan saat ini masyarakat Indonesia harus bergerak menuju paradigma baru terkait pembangunan daerah. Disampaikannya dalam kegiatan tersebut, posisi daerah harus lebih didorong unuk dijadikan sebuah pusat pembangunan ekonomi baru di Indonesia. dirinya yakin, juika komponen seperti, kemajuan teknologi Informasi dan kreativitas masyarakat domestik dilibatkan, bukan mustahil pembangunan ekonomi didaerah-daera kecil bisa menjadi penyokong ekonomi negara.

“Ini yang menjadi tantangan sebenarnya adalah pembangunan ekonomi di daerah kecil. banyak kaum muda sekarang ingin pergi kekota bekerja disana, yang membangun daerah tidak ada, yang menjadi petani tidak ada, ini kan salah. makanya kami di trenggalek punya misi besar, yaitu pembangunan ekonomi domestik dengan konteks lokal yang tentunya juga melibatkan masyarakat luas,” Jelasnya.

Trenggalek Bangun Perekonomian Perdagangan Dan Maritim

Untuk di Trenggalek sendiri, Emil mengaku mengedepankan pembangunan daerah dengan berkonsep pada pembangunan dua kota baru, yaitu kota maritim di Pesisir Prigi dan kota perdagangan Kecamatan Panggul.  nantinya menurut Emil, Prigi akan menopang perekonomian maritim Trenggalek dengan didukung pembangunan pelabuhan di pantai selatan Prigi. sedangkan untuk Panggul, Emil menjelaskan konsep segitiga dimana Panggul akan berada dijalur yang menhubungkan Pacitan dan Ponorogo.

“Konsep ini tentunya akan membangun perekonomian dari segi Maritim dan Perdagangan. hal ini juga yang sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang mengedepankan domestic connectivity menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia, untuk itu penting sekali saling terkaitnya pembangunan daerah di Indonesia,” Pungkasnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor Unisma : Mengolahragakan Masyarakat Dan Memasyarakatkan Olahraga

Dalam rangka memperingati dies natalis ke-36 Universitas Islam Malang melakukan beberapa kegiatan non akademik diantaranya turnamel bola volly, MTW, dan...

Close